Penyebab Rambut Rontok

Penyebab Rambut Rontok - Pernahkah Anda menemukan helaian rambut Anda tertinggal di bantal, kasur atau lantai? Jika iya, itu masalah buat Anda. Memang jika hanya beberapa helai setiap harinya, ini masih wajar. Namun jika sudah lebih dari 50 helai per hari, Anda wajib mencari penyebabnya. Karena masalah rambut rontok ini bukanlah masalah sepele. Bisa jadi ada masalah kesehatan yang sedang mendera Anda. Dan jika dibiarkan rambut Anda akan semakin tipis, bahkan bisa mengalami kebotakan.

Penyebab Rambut Rontok


Rambut rontok bisa jadi disebabkan oleh banyak hal. Baik itu faktor dari dalam diri Anda maupun faktor lingkungan. Berikut ini beberapa penyebab rambut rontok yang perlu Anda ketahui saat ini juga.

Penyebab Rambut Rontok


1.    Banyak pikiran atau stress

Banyaknya masalah yang sedang Anda hadapi terkadang membuat Anda gelisah dan stress. Dalam keadaan ini seluruh tubuh Anda akan menerima energi yang dapat membuat pikiran Anda stress. Jika sudah demikian, secara tidak langsung pikiran Anda akan terganggu dan tak heran jika banyak rambut yang rontok. Ada tiga fase penting dalam pertumbuhan rambut, yaitu masa pertumbuhan, masa istirahat, dan masa rontok. Stress yang berat akan mengganggu siklus rambut. Hal ini pun akan mempercepat rambut menjadi rontok.

2.    Rambut mudah patah

Rambut yang tipis dan kurang perawatan bisa jadi mudah patah dan tidak lembut lagi. Keadaan ini pun mengakibatkan rambut mudah rontok. Akar rambut juga lemah dan rambut pun mudah patah.

Penyebab Rambut Rontok

3.    Tidak rutin mencuci rambut

Kegiatan rutin mencuci rambut setiap dua hari sekali perlu Anda lakukan. Kegiatan ini pun dapat membant masalah rambut Anda. Jika Anda mencuci rambut saat rambut  kotor, gatal, dan rontok hal ini jelas akan membuat rambut mudah rapuh dan rontok.

4.    Menyisir rambut basah

Menyisir rambut setelah keramas saat rambut masih dalam keadaan basah akan membuat rambut Anda mudah rontok. Ada baiknya Anda menyisir rambut sebelum keramas di saat rambut masih kering. Selain mengurangi kerontokan, hal ini juga dapat membuat rambut Anda lembut setelah keramas.

Penyebab Rambut Rontok

5.    Kekurangan nutrisi

Nutrisi tak hanya membuat Anda sehat dan bugar setiap saat. Ternyata nustrisi ini juga sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perawatan rambut Anda. Kekurangan banyak nutrisi juga akan melemahkan rambut dan membuatnya mudah rontok. Ada baiknya Anda mulai mengonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan rambut. Seperti vitamin A, vitamin B, vitamin E, protein, dan nutrsi lainnya. Nutrisi ini bisa Anda dapatkan dari beberapa jenis sayur dan buah-buahn.

6.    Seringnya menggunakan alat penata rambut

Menggunakan berbagai alat penata rambut bukanlah larangan untuk Anda. Hair dryer, catok rambut, alat blower, serta alat penata rambut lainya jika terlalu sering digunakan akan membuat rambut Anda mudah rapuh dan rontok serta sulit mengalami pertumbuhan. Hal ini disebabkan karena adanya panas yang berasal dari alat tersebut.

Penyebab Rambut Rontok

7.    Adanya penyakit tertentu

Selain keenam penyebab di atas, kondisi kulit kepala dan juga tubuh Anda juga dapat mempengaruhi kerontokan rambut Anda. Kulit rambut yang kurang sehat akan membuat akar rambut lemah dan membuat rambut rontok. Selain itu, beberapa penyakit seperti kanker, anemia, gangguan kelenjar tiroid, penyakit autoimun, Polycystic Ovary Syndrome (PCOS), serta penyakit lainnya dapat mempengaruhi kondisi rambut Anda dan rambut mudah rontok.

Penyebab Rambut Rontok

Nah, itulah tadi ketujuh penyebab rambut rontok. Coba Anda lihat bagaimana keadaan rambut rontok Anda. Wajarkah keronokan tersebut?. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

0 Response to "Penyebab Rambut Rontok"

Posting Komentar