Penyebab Rambut Kering

Penyebab Rambut Kering - Memiliki rambut kering sangatlah mengganggu penampilan dan rasa percaya diri setiap wanita. Pasalnya rambut yang kering akan terlihat kusam, kemerahan, dan juga rusak. Dan kondisi inilah yang membuat beberapa wanita kurang percaya diri saat bertemu banyak orang di tempat umum.

Penyebab Rambut Kering


Pada dasarnya, rambut kering bisa terjadi karena kurangnya kelembaban pada rambut Anda. Berikut ini beberapa penyebab rambut kering yang harus Anda ketahui:

Penyebab Rambut Kering

1.    Penggunaan shampo yang salah

Shampo rambut dapat membuat rambut Anda berkilau dan sehat. Namun jika Anda menggunakan shampo yang salah dan tak sesuai dengan kondisi rambut Anda, maka rambut bisa menjadi kering. Apalagi jika Anda sering gonta-ganti shampo. Pilihlah shampo yang melembabkan rambut Anda

2.    Paparan sinar matahari

Seseorang yang terpapar sinar matahari secara langsung bisa mengakibatkan rambut kering. Sinar ultraviolet ini ternyata mampu merusak kutikula rambut Anda. Hal ini dapat membuat rambut menjadi kering dan bercabang. Jika hal ini terjadi setiap hari secara terus-meneus, maka rambut Anda bisa rusak seketika.

Penyebab Rambut Kering

3.    Sering mencuci rambut

Terlalu sering mencuci rambut atau keramas ternyata tidak membuat rambut Anda menjadi sehat. Kegiatan ini justru mengakibatkan rambut menjadi kering. Hal ini disebabkan oleh kutikula rambut yang kehilangan kelembabannya karena minyak alami yang ada pada kulit kepala berkurang. Shampo yang digunakan saat keramas setiap hari menyebabkan rambut menjadi kering dan membuatnya bercabang. Lebih baik keramaslah dua hari sekali dan jangan setiap hari.

4.    Terlalu lama di ruang AC

Pendingin ruangan atau AC tak hanya dapat membuat ruangan menjadi sejuk. AC juga dapat berdampak buruk bagi rambut Anda. Terlalu lama berada di ruangan ber-AC membuat rambut Anda menjadi kering. Kurangilah keberadaan Anda di ruangan ber-AC.

Penyebab Rambut Kering

5.    Perawatan rambut yang berlebihan

Melakukan perawatan rambut memanglah suatu kebutuhan. Namun jika hal ini dilakukan secara berlebihan juga akan berdampak buruk bagi kesehatan rambut Anda. Perawatan rambut dalam proses bleaching, smoothing, rebonding, mewarnai rambut, pelurusan, dan lainnya dapat membuat rambut kemerahan, bercabang dan kering. Hal ini terjadi karena beberapa zat kimia yang digunakan pada produk perawatan tersebut.

6.    Kurang mengonsumsi makanan yang sehat

Makanan olahan seperi junk food tidaklah baik untuk Anda. Gizi yang seimbang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan rambut Anda. Akibat dari kekurangan nutrisi ini pun dapat membuat rambut Anda kering. Selain itu, rambut juga kekurangan zat besi, vitamin B, vitamin C, vitamin E, protein nabati, dan juga nutrisi lainnya.

Penyebab Rambut Kering

Nutrisi-nutrisi ini sangatlah mudah di temukan pada berbagai sayuran dan buah yang ada di sekitar kita. Seperti bayam, brokoli, kangkung, jagung, kacang kedelai, apel, mangga, jeruk, dan beragai makanan sehat lainnya. Selain makanan, kekurangan air pun akan membuat kulit kepala kering dan dehidrasi. Akibatnya rambut menjadi kehilangan kelembabannya dan menjadi kering.

7.    Kurang mengonsumsi air putih

Air putih membantu Anda memenuhi kelembaban kulit kepala Anda. Kekurangan air putih membuat rambut menjadi kering. Hal ini pun sangat tidak baik bagi kesehatan dan pertumbuhan rambut  Anda. Setidaknya minumlah 8 gelas air putih setiap harinya.

Penyebab Rambut Kering

Apakah satu dari ketujuh penyebab rambut kering di atas sedang Anda alami? Jika iya, Anda harus segera mengatasinya. Jaga dan rawatlah rambut Anda agar tidak kering. Semoga artikel penyebab rambut kering ini bermafaat untuk Anda. Terima kasih.


0 Response to "Penyebab Rambut Kering"

Posting Komentar