Penyebab Rambut Berketombe

Penyebab Rambut Berketombe - Rambut berketombe menjadi masalah besar bagi sebagian wanita dan pria di dunia. Rambut yang berketombe akan meninggalkan kotoran di rambut dan bisa jadi jatuh ke pundak maupun baju. Hal ini sangatlah kurang menyenangkan bagi penampilan Anda. Terlebih lagi bagi Anda yang sering bertemu banyak orang di luar rumah.

Penyebab Rambut Berketombe


Pada dasarnya, rambut berketombe disebabkan oleh hormon dan juga kebersihan rambut. Selain itu, juga dikarenakan beberapa hal. Diantaranya adalah:

Penyebab Rambut Berketombe

1.    Rambut kotor

Banyaknya debu dan kotoran pada rambut dapat membuat rambut menjadi berketombe. Bakteri dan jamur pada rambut akan semakin meningkat dan membuat rambu berketombe. Hal inilah yang dapat merusak dan mengurangi kesehatan rambut Anda

2.    Jarang mencuci rambut

Jarang mencuci rambut atau keramas membuat kotoran yang ada pada rambut menumpuk. Kebiasaan buruk ini juga dapat membuat rambut berketombe dengan cepat. Ada baiknya Anda membiasakan diri untuk rutin keramas dua hari sekali dengan shampo anti ketombe.

Penyebab Rambut Berketombe

3.    Jarang menyisir rambut

Jarang menyisir rambut biasa dilakukan oleh wanita yang menggunakan hijab. Kebiasaan ini sangatlah sepele, namun berakibat buruk bagi kesehatan rambut Anda. Dengan tidak menyisir rambut, maka kotoran masih tertinggal di kulit kepala dan akan menumpuk. Hal ini membuat rambut berketombe.

4.    Terpapar sinar matahari secara langsung

Paparan sinar matahari dan polusi udara yang secara langsung terpancar pada rambut Anda akan membuat rambut menjadi kering, kusam dan berketombe. Sinar ultraviolet dan debu yang bertebaran karena polusi udara membuat rambut kotor dan terserang bakteri serta jamur penyebab ketombe.

Penyebab Rambut Berketombe

5.    Rambut berminyak

Rambut berminyak akan membuat rambut menjadi lepek, bau, dan berketombe. Pada dasarnya, kulit kepala memproduksi minyak alami yang disebut dengan sebum. Namun terkadang minyak alami ini diproduksi secara berlebihan karena aktivitas Anda yang begitu padat. Produksi minyak berlebih ini membuat rambut berminyak dan berketombe.

6.    Makanan yang kurang bergizi

Makanan-makanan cepat saji atau junk food sangatlah tidak baik bagi kesehatan tunuh Anda. Tak hanya itu, nutrisi yang diberikan oleh makanan tersebut juga sangat minim. Akibatnya, Anda kekurangan gizi dan nutrisi yang dapat menjaga kesehatan rambut Anda.

Penyebab Rambut Berketombe

Untuk itu mulailah ubah pola makan Anda. Makanlah makanan yang bergizi tinggi seperti buah dan sayur. Selain menyehatkan tubuh, buah dan sayur juga berperan penting dalam menjaga kesehatan rambut Anda. Dan masalah rambut berketombe pun akan lenyap seketika.

7.    Kulit kepala kering

Rambut berketombe juga bisa disebabkan oleh kulit kepala yang kering. Kulit kepala kering ini biasa terjadi karena kelembaban kulit kepala yang berkurang. Keringnya kulit kepala ini membuat rambut mudah berketombe. Keramas setiap hari bisa jadi penyebab rambut menjadi kering. Sebaiknya hal ini jangan Anda lakukan hal tersebut agar rambut tetap lembab dan terawat.

8.    Salah produk shampo

Pilihlah produk shampo yang sesuai dengan kondisi rambut Anda. Jika rambut Anda cenderung berketombe, maka pilihlah shampo anti ketombe. Jangan pilih yang lain. Mengapa demikian? Nah, jika Anda salam memilih produk shampo, maka rambut Anda akan semakin bermasalah dan berketombe.

Penyebab Rambut Berketombe

Bagaimana, sudah tahu kan penyebab rambut berketombe? Coba teliti lagi kondisi rambut Anda. Apa yang membuatnya berketombe? Lalu segera cari solusinya. Semoga artikiel mengenai penyebab rambut berketombe ini bermanfaat untuk Anda dan terima kasih telah membacanya hingga akhir.


0 Response to "Penyebab Rambut Berketombe"

Posting Komentar