Penyebab Kulit Kepala Berminyak

Penyebab Kulit Kepala Berminyak - Pernahkah Anda merasa risih dengan kulit kepala yang berminyak? Jika iya, maka Anda perlu mewaspadainya. Kulit kepala yang berminyak akan menyebabkan rambut ikutan berminyak. Keadaan ini sungguh tidak sehat dan perlu penanganan khusus. Sebelumnya Anda juga perlu mengetahui penyebab terjadinya kulit kepala berminyak pada rambut Anda. Dengan mengetahuinya, maka Anda akan mudah menanganinya.

Penyebab Kulit Kepala Berminyak


Kulit kepala yang berminyak dapat disebabkan oleh berbagai hal yang membuat produksi minyak pada kulit kepala meningkat. Berikut ini beberapa penyebab kulit kepala berminyak yang perlu Anda ketahui:

Penyebab Kulit Kepala Berminyak

1.    Hormon

Pada dasarnya, setiap orang memiliki kelenjar minyak pada kulit kepala yang dapat menghasikan minyak alami atau yang biasa disebut sebum. Sebum ini dapat keluar melalui pori-pori kulit kepala. Namun terkadang, produksi sebum ini berlebihan dan membuat kulit kepala menjadi berminyak.

2.    Jarang keramas

Keramas bukanlah aktivitas mencuci rambut saja. Keramas juga dapat membuat rambut Anda terbebas dari segala masalah rambut. Jarang keramas, akan membuat rambut menjadi kotor, lepek, kusam, dan berminyak. Cobalah untuk membiasakan diri keramas dua hari sekali.

Penyebab Kulit Kepala Berminyak

3.    Salah menggunakan shampo

Produk shampo yang beredar di pasaran begitu banyak dan beragam. Salah memilih shampo juga akan membuat masalah baru pada rambut Anda. Termasuk masalah kulit kepala berminyak. Untuk itu, pilihlah shampo yang sesuai dengan kondisi rambut Anda.

4.    Makanan berlemak

Makanan menjadi penyebab paling umum pada kulit kepala berminyak. Makanan yang Anda makan menentukan bagaimna kualitas tubuh Anda. Saat Anda terlalu banyak makan makanan yang berminyak dan berlemak, otomatis tubuh juga akan memproduksi minyak tersebut. Akibatnya, produksi minyak berlebihan dan kulit kepala pun menjadi berminyak. Lebih baik perbanyak mengonsumsi buah dan sayur agar tidak berminyak lagi.

Penyebab Kulit Kepala Berminyak

5.    Memainkan rambut dengan tangan

Sekilas kebiasaan memainkan rambut menggunakan tangan ini terlihat biasa aja. Namun jika dilakukan secara terus –menerus hal ini dapat membuat kulit kepala berminyak. Mengapa demikian? Yah, karena tangan kita teradang kotor, basah atau pun berminyak. Nah, saat menyentuh rambut dan kulit kepala, kotoran tersebut bisa saja berpindah ke kepala Anda. Apalagi jika Anda sedang menggaruk atau mengosok-gosokkan tangan ke kepala. Pastilah kulit kepala bisa berminyak.

6.    Sinar ultraviolet dan polusi udara

Terlalu sering berada di luar ruangan membuat kulit kepala Anda berminyak. Hal ini bisa saja terjadi karena paparan sinar ultraviolet yang menembus ke kulit kepala Anda. Selain itu, polusi udara juga sangat mempengaruhi kondisi kulit kepala Anda. Kotoran akibat polusi tersebut dapat bepindah ke kepala dan menyebabkan kulit kepala berminyak.

Penyebab Kulit Kepala Berminyak

7.    Gen atau keturunan

Faktor genetik atau keturunan bisa juga menjadi penyebab kulit kepala berminyak. Coba perhatkan kondisi kulit kepala keluarga Anda. Jika mayoritas dari mereka memiliki masalah ini maka faktor gen inilah penyebabnya.

8.    Kelainan kulit

Selain yang disebutkan di atas, ada satu kelainan yang dapat membuat kulit kepala berminyak. Seborrheic dermatitis namanya. Seborrheic dermatitis merupakan suatu kelainan kulit yang memproduksi sebum secara berlebihan pada kulit kepala dan menghasilkan serpihan berupa sisik yang menyerupai ketombe.

Penyebab Kulit Kepala Berminyak

Tak ada yang tahu kapan rambut akan memproduksi minyak berlebih. Untuk itu, selalu waspada dan rutinlah keramas. Sesekali pijat-pijat kepala Anda saat keramas agar lebih rileks dan minyak berkurang. Semoga artikel mengenai penyebab kulit kepala berminyak ini bermanfaat untuk Anda. Terima kasih.

0 Response to "Penyebab Kulit Kepala Berminyak"

Posting Komentar