Penyebab Rambut Bercabang

Penyebab Rambut Bercabang - Rambut bercabang biasa ditandai dengan adanya dua helai rambut yang berada di ujung rambut (bercabang). Sekilas rambut ini tak terlihat. Namun jika diamati akan jelas terlihat. Apalagi jika hampir seluruh rambut bercabang, maka rambut akan terlihat kusam. Keadaan ini pun menunjukkan bahwa rambut kurang sehat. Selain itu, kondisi rambut bercabang juga dapat memicu masalah-masalah rambut lainnya.

Penyebab Rambut Bercabang


Rambut bercabang bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

Penyebab Rambut Bercabang

1.    Paparan sinar matahari

Seseorang yang terpapar sinar matahari secara langsung bisa mengakibatkan rambut bercabang. Sinar ultraviolet ini ternyata mampu merusak kutikula rambut Anda. Hal ini dapat membuat rambut menjadi kering dan bercabang. Jika hal ini terjadi setiap hari secara terus-meneus, maka rambut Anda bisa rusak seketika.

2.    Perawatan rambut yang berlebihan

Melakukan perawatan rambut memanglah suatu kebutuhan. Namun jika hal ini dilakukan secara berlebihan juga akan berdampak buruk bagi kesehatan rambut Anda. Perawatan rambut dalam proses bleaching, smoothing, rebonding, mewarnai rambut, pelurusan, dan lainnya dapat membuat rambut kemerahan dan bercabang. Hal ini terjadi karena beberapa zat kimia yang digunakan pada produk perawatan tersebut.

Penyebab Rambut Bercabang

3.    Rambut yang kepanjangan

Memiliki rambut panjang memang suatu kebanggaan tersendiri. Namun hal ini juga tidak menjamin rambut Anda selalu sehat. Sebagian wanita malah cuek dengan rambut mereka. Padahal, rambut panjang membutukan perawatan yang lebih agar tidak bercabang. Memotong ujung rambut antara 2 cm setiap 3 bulannya bisa menjadi solusi rambut bercabang.

4.    Terlalu lama di ruang AC

Pendingin ruangan atau AC tak hanya dapat membuat ruangan menjadi sejuk. AC juga dapat berdampak buruk bagi rambut Anda. Terlalu lama berada di ruangan ber-AC membuat rambut Anda menjadi kering. Akhirnya, akan muncul cabang pada ujung rambut Anda.

Penyebab Rambut Bercabang

5.    Sering mencuci rambut

Terlalu sering mencuci rambut atau keramas ternyata tidak membuat rambut Anda menjadi sehat. Kegiatan ini justru mengakibatkan rambut bercabang. Hal ini disebabkan oleh kutikula rambut yang kehilangan kelembabannya karena minyak alami yang ada pada kulit kepala berkurang. Shampo yang digunakan saat keramas setiap hari menyebabkan rambut menjadi kering dan membuatnya bercabang. Lebih baik keramaslah dua hari sekali dan jangan setiap hari.

6.    Tidak mengonsumsi makanan yang sehat

Makanan olahan seperi junk food tidaklah baik untuk Anda. Gizi yang seimbang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan rambut Anda. Akibat dari kekurangan nutrisi ini pun dapat membuat rambut Anda bercabang. Selain itu, rambut juga kekurangan zat besi, vitamin B, vitamin C, vitamin E, protein nabati, dan juga nutrisi lainnya.

Penyebab Rambut Bercabang

Nutrisi-nutrisi ini sangatlah mudah di temukan pada berbagai sayuran dan buah yang ada di sekitar kita. Seperti bayam, brokoli, kangkung, jagung, kacang kedelai, apel, mangga, jeruk, dan beragai makanan sehat lainnya. Selain makanan, kekurangan air pun akan membuat kulit kepala kering dan dehidrasi. Akibatnya rambut menjadi kehilangan kelembabannya dan bercabang.

Penyebab Rambut Bercabang

7.    Salah pilih shampo

Shampo rambut dapat membuat rambut Anda berkilau dan sehat. Namun jika Anda menggunakan shampo yang salah dan tak sesuai dengan kondisi rambut Anda, maka rambut bisa menjad bercabang. Apalagi jika Anda sering gonta-ganti shampo.

Penyebab Rambut Bercabang

Apakah rambut Anda bercabang? Coba teliti penyebabnya. Karena produk shampo, kurang makan makanan bergizi atau karena terlalu sering terpapar sinar matahari? Tentukan penyebabnya sebagaimana yang tertera di atas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. terima kasih.

0 Response to "Penyebab Rambut Bercabang"

Posting Komentar