Penyebab Rambut Beruban

Penyebab Rambut Beruban - Rambut beruban biasanya terjadi pada orang dewasa yang menginjak usia di atas 40 tahunan. Rambut beruban merupakan kondisi dimana rambut mengalami pengalihan pigmentasi. Dari yang awalnya berwarna hitam, kemudian berubah menjadi putih. Terkadang, kondisi demikian menunjukkan bahwa orang tersebut sudah berusia matang atau tua.

Penyebab Rambut Beruban


Tak hanya pada orang yang tua, remaja dan anak-anak pun bisa mengalami rambut beruban sejak dini. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

Penyebab Rambut Beruban

1.    Usia

Faktor utama yang menyebabkan seseorang memiliki rambut beruban adalah usia. Penyebab rambut beruban satu ini sangat sering terjadi pada seseorang yang berusia di atas 40 tahunan. Rambut beruban juga dapat menunjukkan bahwa usia seseorang tersebut telah matang atau lanjut usia.

Penyebab Rambut Beruban

2.    Stress

Stress bukan hanya membuat seseorang menjadi bingung dan berpikir keras dalam menghadapi masalah yang ada. Ternyata stress juga dapat membuat rambut semakin cepat beruban. Hal ini bisa terjadi karena pkiran Anda terlalu terforsir dan menyerap banyak nutrisi pada kepala sehingga, kulit kepala kekurangan nutrisi dan kehilangan pigmentasi alami rambut. Rambut pun berubah menjadi putih.

3.    Adanya suatu penyakit tertentu

Beberapa penyakit seperti gangguan kelenjar tiroid, autoimun, dan yang lainnya bisa menyebabkan rambut beruban. Hal ini bisa juga terjadi karena pigmentasi yang ada pada rambut berubah akibat zat-zat kimia pada obat-obatan yang dikonsumsi penderita penykit-penyakit tersebut.

Penyebab Rambut Beruban

4.    Akibat produk perawatan rambut

Produk perawatan rambut banyak mengandung zat kimia yang berakibat buruk bagi kesehatan rambut Anda. Jika digunakan secara berlebihan, maka zat-zat tersebut akan menyerap pada kulit kepala. Akibatnya rambut menjadi kurang sehat dan beruban lebih cepat.

5.    Kurang nutrisi

Berbagai nutrisi rambut, baik itu vitamin A, vitamin B12, vitamin C, vitamin E, magnesium, zink dan protein sangat dibutuhkan oleh rambut hingga di masa tua. Kekurangan nutrisi - nutrisi ini dapat membuat rambut menjadi beruban dan kurang sehat. Untuk itu, mulailah atur pola makan Anda agar pertumbuhan rambut Anda menjadi sempurna.

Penyebab Rambut Beruban

6.    Ketidaseimbangan hormon

Ketidakseimbangan hormon juga dapat mempengaruhi keadaan rambu Anda. Hormon yang berkurang akan melemahkan pigmentasi rambut Anda. Akibatnya rambut bisa cepat beruban. Pada wanita yang sudah menopause, rambut beruban telah menggantikan warna rambut mereka yang hitam. Keadaan ini pun juga terjadi pada pria yang telah mencapai masa tua.

7.    Salah produk shampo

Penggunaan produk shampo yang salah juga dapat membuat rambut beruban. Bahan aktif pada shampo akan diserap oleh kulit kepala. Nah, jika bahan-bahan tersebut tak sesuai dengan kondisi rambut Anda, maka bahan tersebut bisa merusak kulit kepala dan rambut Anda. Tak heran jika warna rambut bisa beruban lebih cepat.

Penyebab Rambut Beruban

8.    Terjadinya defisiensi asam folat

Salah satu nutrisi penting basi tubuh adalah asam folat. Asam folat, sangatlah penting bagi kesehatan tubuh dan juga rambut Anda. Asam folat ini membantu pertumbuhan rambut Anda. Jika rambut kekurangan asam folat, maka rambut bisa mudah rusak dan beruban lebih cepat. Keadaan ini pun membuat kondisi rambut kurang sehat dan bisa menjadi kusam.

Penyebab Rambut Beruban

Itulah tadi delapan penyebab rambut beruban yang mungkin terjadi pada Anda. Faktor usia biasanya menjadi faktor utama tumbuhnya rambut beruban ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Terima kasih telah menyimak artikel penyebab rambut beruban ini hingga akhir.

0 Response to "Penyebab Rambut Beruban"

Posting Komentar