Penyebab Rambut Keriting

Penyebab Rambut Keriting - Terlahir dengan rambut yang lurus sangatlah diidamkan oleh kebanyakan orang di dunia. Namun terkadang impian ini bisa terhapus oleh kenyataan yang mengharuskan Anda memiliki rambut keriting. Rambut keriting bisa dibilang sangat unik. Karena tak semua orang memilikinya. Tak heran jika sebagian wanita yang menginginkan rambut keriting ini rela membuat rambut lurusnya mengeriting dengan bantuan hair stylist di salon.

Penyebab Rambut Keriting


Rambut keriting, ada yang memang dari sananya (lahir) dan adapula yang keriting alami . Penyebab rambut ketiting ini bisa Anda simak dari uraian berikut ini:

Penyebab Rambut Keriting

1.    Genetik atau keturunan

Faktor gen atau keturunan dapat mempengaruhi sifat dan fisik seseorang. Jika orang tua atau keluarga Anda memiliki rambut keriting, maka bisa jadi karena itulah rambut Anda menjadi keriting. Gen tricohylayin inilah yang dapat menentukan bagaimana jenis rambut Anda sejak lahir.

Penyebab Rambut Keriting

2.    Akibat penggunaan alat penata rmabut

Sering gonta-ganti tatanan rambut akan membuat rambut Anda menjadi berubah-ubah bentuknya. Zat-zat kimia pada obat atau produk perawatan rambut juga dapat mempengaruhi kondisi rambut Anda. Selain itu, peralatan styling rambut seperti catok rambut dan hair dryer juga membuat rambut keriting jika digunakan secara berlebihan.

Penyebab Rambut Keriting

3.    Rambut yang terlalu panjang

Memiliki rambut panjang memanglah menyenangkan. Namun terkadang ujung rambut yang panjang akan keriting secara alami. Keadaan ini pun bisa disebabkan karena kurangnya perawatan rambut secara menyeluruh. Untuk mensiasatinya, lakukan pemotongan ujung rambut setiap dua bulan sekali agar rambut tetap rapi dan tidak keriting.

4.    Folikel rambut yang asimetris

Hormon yang ada di dalam tubuh, dapat mengubah folikel rambut menjadi simetris atau asimetris. Folikel simetris dapat menghasilkan rambut yang lurus, sedangkan folikel asimetris membuat rambut keriting.

Penyebab Rambut Keriting

5.    Kelenjar rambut oval

Ada dua bentuk kelenjar rambut. Yaitu oval dan bulat. Kelenjar rambut berbentuk oval Kelenjar rambut yang ada di kulit kepala pada rambut memiliki dua bentuk yaitu oval dan juga bulat. Kelenjar rambut yang berbentuk oval akan menghasilkan rambut keriting atau ikal. Sedangkan kelenjar rambut bulat menghasilkan rambut lurus. Kelenjar rambut inilah yang membuat rambut Anda keriting atau lurus sejak lahir.

Penyebab Rambut Keriting

6.    Kurangnya kebersihan rambut

Kebersihan rambut juga mempengaruhi keadaan rambut Anda. Rambut yang kotor akan membuat rambut Anda secara tidak langsung menjadi keriting. Hal ini bisa saja terjadi karena rambut Anda kekurangan nutrisi dan banyak kotoran di sana. Namun, keriting di sini bukanlah keriting yang sehat. Keriting ini menandakan bahwa rambut kurang sehat dan perawatan.

Penyebab Rambut Keriting

7.    Kurang konsumsi air putih

Air putih bukan hanya dibutuhkan untuk menjaga kesehatan, air putih juga diperlukan dalam pertumbuhan rambut serta kelembaban kulit kepala. Jika kekurangan air putih, maka pertumbuhan rambut akan terhambat. Hormon dan kelenjar pada kulit kepala kurang maksimal. Akhirnya rambut Anda bisa menjadi keriting.

8.    Konsumsi makanan yang tidak sehat

Masih banyak sekali yang mengabaikan makanan sehat yang dikonsumsi setiap hari. Makanan junk food sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh dan kulit Anda. Berbagai makanan yang kurang sehat lainnya juga dapat mempengaruhi keadaan rambut Anda dan menjadi keriting.

Penyebab Rambut Keriting

Kedelapan penyebab di atas bisa jadi sedang Anda alami. Jika demikian, maka Anda tak perlu risau lagi dengan rambut keriting Anda. Semoga artikel berjudul penyebab rambut keriting  ini bermanfaat dan terima kasih telah menyimaknya.

0 Response to "Penyebab Rambut Keriting"

Posting Komentar