Penyebab Rambut Gatal

Penyebab Rambut Gatal - Pernahkah rambut Anda terasa gatal saat berada di temat umum? Lalu apa yang Anda lakukan? Membiarkannya begitu saja atau menggaruknya? Hehehe. Coba deh Anda ingat-ingat kapan saat terakhir Anda mengalami hal ini. Jika jawabannya hari ini, wah ini peringatan buat Anda. Rambut gatal bukanlah hal sepele. Anda perlu mengetahui penyebabnya dan segera mengatasinya.

Penyebab Rambut Gatal

Dari sekian banyak penyebab rambut gatal, rambut yang kotor menjadi penyebab paling umum. Selain itu, inilah beberapa penyebab rambut gatal lainnya yang perlu Anda ketahui:


1. Rambut kotor

Rambut bagaikan mahkota yang perlu dijaga dan dirawat segalanya. Rambut yang kotor akan berdampak buruk bagi kesehatannya. Selain rambut menjadi kusam dan berdebu, rambu juga gatal-gatal. Kotoran dari debu, polusi udara dan cuaca dapat bepindah ke rambut dan membuatnya gatal-gatal.

Penyebab Rambut Gatal

2. Jarang mencuci rambut

Membersihkan rambut atau keramas sebaiknya dilakukan dua hari sekali. Hal ini dimaksudkan agar rambut tetap sehat, lembut dan tidak kotor. Jika Anda jarang mencucinya, maka tak heran jika sesekali Anda merasa ingin menggaruk kepala Anda karena gatal.

3. Rambut berketombe

Kulit kepala yang gatal bisa disebabkan adanya ketombe. Ketombe ini berasal dari jamur dan bakteri yang berada di kulit kepala. Rambut yang berketombe akan membuat gatal-gatal dan rambut pun kotor akibat kotoran ketombe.

Penyebab Rambut Gatal

4. Salah menggunakan shampo

Pilihlah shampo yan Anda butuhkan, bukan yang Anda inginkan. Sepertinya pernyataan ini sangatlah penting bagi kita semua dalam hal perawatan rambut. Jika salah menggunakan shampo, maka rambut bisa menadi gatal-gatal. Bisa jadi, keadaan ini karena reaksi zat pada shampo yang bersebrangan dengan masalah rambut yang sedang Anda alami.

Penyebab Rambut Gatal

5. Ada kutu rambut

Parasit satu ini sangatlah menganggu dan membuat rambut terasa gatal setiap saat. Serangga yang bisa menghasilkan banyak telur dalam waktu 24 jam ini bisa jadi penyebab utama rambut gatal yang sedang Anda alami. Pada dasarnya, kutu rambut hidup di kepala Anda dengan menghisap darah pada kulit kepala. Setelah itu, serangga ini meninggalkan air liur di kulit. Nah, air liur inilah yang membuat kepala terasa gatal. Segera basmi kutu rambut yang bersarang di kepala Anda saat ini juga.

6. Adanya suatu penyakit

Ada beberapa peyakit yang dapat membuat rambut gatal. Diantaranya seperti infeksi jamur, alergi, psoriasis (penyakit auto imun yang menyerang kekebalan tubuh dan sel-sel kuit yang kurang sehat), serta penyakit lainnya. Penyakit-penyakit ini biasanya memiliki ciri-ciri gatal pada seluruh tubuh atau bagian tertentu. Bisa jadi rasa gatal pada rambut Anda disebabkan oleh penyakit tersebut. Coba Anda periksakan diri Anda ke dokter agar lebih jelas penyebabnya.

Penyebab Rambut Gatal

7. Lingkungan yang kurang bersih

Selain penyebab dari diri sendiri, faktor lingkungan juga dapat menyebabkan rambut gatal. Lingkungan yang kotor, berdebu, dan polusi udara juga dapat mempengaruhi kesehatan rambut Anda. Kotoran-kotoran yang berasal dari lingkunan sekitar bisa membuat rambut gatal-gatal. Untuk itu jagalah kebersihan lingkungan di sekitar Anda dengan baik.

Penyebab Rambut Gatal

Nah, penyebab manakah yang membuat rambut Anda gatal? Cobalah Anda amati penyebabnya. Lalu segera atasi masalahnya. Rasa gatal yang berlebihan akan membuat Anda serasa ingin menggaruknya terus-menerus. Jika dibiarkan, kulit kepala pun bisa terluka dan mengelupas. Hal ini sangatlah tidak baik bagi kesehatan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

0 Response to "Penyebab Rambut Gatal"

Posting Komentar