Penyebab Rambut Botak

Penyebab Rambut Botak - Rambut botak biasanya dialami oleh para pria yang berumur di atas 50 tahunan. Rambut botak terjadi karena rambut rontok dan juga rambut yang sudah tidak tumbuh lagi. Tak hanya pada pria, wanita, dan anak-anak pun juga bisa mengalami rambut botak. Tentu banyak faktor yang menyebabkan hal ini bisa terjadi.

Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan rambut botak:


1. Rambut rontok

Rambut rontok memanglah wajar jika hanya beberapa helai saja. Namun jika lebih dari 50 sampai 100 helai, Anda perlu mewaspadainya. Kondisi ini menunjukkan adanya penyakit yang sedang menyerang Anda. Selain itu, bisa jadi karena akar rambut kurang kuat dan mudah rapuh. Jika terjadi secara terus menerus, maka rambut bisa menjadi botak.

Penyebab Rambut Botak

2. Hormon

Kerontokan rambut yang dialami pada pria banyak disebabkan oleh kombinasi gen serta hormon seks pria. Keduanya akan menipis di bagian pelipis dan menyebabkan kebotakan. Hormon tersebut membuat pria mengalami kerontokan rambut dan rambut menjadi botak.

Penyebab Rambut Botak

3. Kekurangan protein

Kekurangan protein akan membuat pertumbuhan rambut terhambat. Akibatnya rambut tidak tumbuh lagi dan mengalami kebotakan. Ada baiknya Anda mulai mengonsumsi makanan yang banyak mengandung protein. Baik itu protein hewani maupun protein nabati. Seperti ikan, telur, kacang-kacangan, dan lain sebagainya.

4. Perawatan rambut secara berlebih

Perawaan rambut secara berlebihan akan membuat rambut mudah rapuh dan rontok. Penggunakaan alat-alat penata rambut dan juga produk perawatan rambut yang mengandung zat kimia membuat rambut mudah rontok dan akibatnya rambut botak. Sebaiknya Anda menggunakan cara alami untuk perawatan rambut agar rambut tidak botak.

Penyebab Rambut Botak

5. Stress

Beberapa pekerjaan yang sedang Anda kerjakan bisa jadi membuat Anda kepikiran dan stress. Tugas yang menumpuk dan masalah yang datang kepada Anda membuat pikiran Anda tidak fokus. Akhirnya stress berlebihan. Dan hal ini pun membuat rambut Anda rontok secara berlebihan hingga botak.

6. Hipotiroidisme

Hipotiroidisme merupakan kelenjar tiroid yang menurun atau kurang aktif. Kelenjar ini sangat dibutuhkan dalam proses pertumbuhan, metabolisme, serta perkembangan rambut Anda. Anda akan mengalami kebotakan jika hormon ini tidak terpenuhi dengan baik.

Penyebab Rambut Botak

7. Autoimun

Penyakit ini dapat membuat rambut rontok parah dan juga botak. Kerontokan dan kebotakan rambut ini dinamakan alopecia areata. Penyakit auto imun bisa membuat rambut otak secara perlahan dengan terlihatnya rambut yang rontok parah setiap harinya.

8. Trichotillomania

Trichotillomania merupakan salah satu gangguan kontrol impuls yang dapat membuat seseorang berkelakuan aneh dengan menjambak-jambak rambutnya sendiri. Kondisi ini pun membuat rambut rontok. Jika dibiarkan begitu saja, rambut bisa menjadi botak.

Penyebab Rambut Botak

9. Kemoterapi

Kemoterapi merupakan salah atu cara untuk mengatasi penyakit kanker. Perawatan ini akan menghancurkan sel kanker dalam waktu singkat. Bagi penderia kanker, kemoterapi tidak cukup dilakukan sekali. Biasanya dilakukan 5 hingga 7 kali. Dalam proses ini, ada banyak obat dan alat kemoterapi yang dapat membuat rambut menjadi rontok. Hal ini pun bisa mengakibatkan rambut botak. Tak heran jika para penderita kanker begitu cepat mengalami kebotakan.

10. Penuaan

Pada usia di atas 50 tahun, kondisi tubuh dan pertumbuhan rambut sudah mulai melemah. Akar rambut sudah tidak kuat lagi dan akhirnya rambut menjadi rontok hingga botak. Hal ini biasanya lebih cepat terjadi pada pria.

Penyebab Rambut Botak

Nah, itulah tadi 10 penyebab rambut botak. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan terma kasih telah membacanya.

0 Response to "Penyebab Rambut Botak"

Posting Komentar