Penyebab Rambut Bayi Rontok

Penyebab Rambut Bayi Rontok - Rambut bayi Anda sering rontok? Tenang dan janganlah Anda panik. Kondisi rambut pada bayi sangatlah berbeda dengan orang dewasa. Rambut bayi masih sangat halus dan sensitif. Rambut bayi yang mudah rontok bisa saja karena hormon dan sikus pertumbuhannya. Terlebih lagi makanan pada bayi masih dibantu oleh ASI. Rambut bayi yang mudah rontok biasa terjadi pada bayi manapun. Hal ini bisa saja karena pergantian sel atu pertumbuhan rambut bayi.

Penyebab Rambut Bayi Rontok

Berikut ini beberapa penyebab rambut bayi rontok yang perlu Anda ketahui:


1. Siklus alami pada bayi

Kerontokan rambut pada bayi sangatlah wajar. Rambut pada bayi sangatlah kecil, lembut, halus, dan juga masih dalam masa pertumbuhan. Bayi yang berusia di bawah 6 bulan akan lebih sering mengalami kerontokan rambut secaraberkala. Hal ini sangatlah wajar karena memang bayi masih dalam fase pertumbuhan dan pergantian rambut. Siklus ini pun biasa terjadi pada bayi-bayi lainnya.

Penyebab Rambut Bayi Rontok

2. Kurangnya nutrisi

Seorang bayi mendapatkan nutrisi dan makanan dari ASI yang diberikan oleh Ibunya. Kekurangan nutrisi pada bayi akan berakibat tidak baik bagi rambut bayi. Rambut bayi akan mudah rontok. Untuk itu, sebagai Ibu Anda juga perlu memperhatikan nutrisi yang Anda konsumsi agar ASI yang Anda hasilkan berkualitas dan membuat bayi Anda sehat.

Penyebab Rambut Bayi Rontok

3. Stress

Stres di sini bukan hanya dialami oleh bayi. Orangtua yang stress pun akan bisa dirasakan oleh anaknya. Jika Anda stress dan masih menyusui, maka ASI yang Anda berikan kurang berkualtas. Bayi pun enggan untuk meminumnya. Dan bayi juga akan ikutan stress. Hal inilah yang menyebabkan rambut bayi rontok. Cobalah untuk rileks dan tenang saat Anda masih menyusui bayi Anda.

4. Pemilihan shampo yang salah

Ingat, rambut bayi masih sangat sensitif. Perhatikan produk shampo yang Anda berikan untuk bayi Anda. Pemilihan shampo yang salah akan membuat rambut bayi mudah rontok. Gunakanlah shampo yang dikhususkan untuk bayi. Jangan berikan shampo yang biasa Anda gunakan.

Penyebab Rambut Bayi Rontok

5. Posisi tidur bayi

Ada yang bilang jika posisi bayi saat tidur membuat rambut mudah rontok. Hal ini terjadi dimana bayi selalu tidur dalam posisi yang sama setiap harinya. Kondisi ini juga membuat bayi capek dan mudah lemah.

6. Terpapar sinar matahari secara langsung

Paparan sinar matahari secara langsung juga membuat rambut bayi rontok. Sinar ultravioet dapat membuat kulit kepala pada bayi menjadi beminyak dan rambut menjadi mudah patah serta rontok.

Penyebab Rambut Bayi Rontok

7. Terlalu sering menggunakan topi

Basanya, bayi seringkali digunakan topi oleh orangtuanya di manapun berada. Padahal, terlalu sering menggunakan topi membuat rambut kekurangan oksigen dan sulit bernafas. Akibatnya rambut menjadi lepek, mudah rapuh, dan rontok.

8. Penggunaan sisir yang salah

Sisir untuk bayi berbeda dengan sisir untuk orang dewasa pada umumnya. Sisir bayi lebih kecil dan bergigi renggang. Jika Anda menggunakan sisir orang dewasa untuk menyisir rambut bayi Anda, maka rambut bayi bisa rontok.

Penyebab Rambut Bayi Rontok

9. Keramas setiap hari

Keramas setiap hari pada bayi dapat membuat rambut mudah rapuh dan rontok. Minyak alami pada kulit kepala bayi akan berkurang dan membuat rambut mudah rontok. Sebaiknya keramaslah dua hari sekali.

Itulah tadi beberapa penyebab rambut bayi rontok yang mungkin sedang Anda butuhkan. Rawatlah rambut bayi Anda agar tumbuh sehat dan lebat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Terima kasih.

0 Response to "Penyebab Rambut Bayi Rontok"

Posting Komentar