Penyebab Rambut Kaku

Penyebab Rambut Kaku - Rambut kaku dan susah diatur tak hanya dialami satu atau dua wanita di dunia. Masalah rambut kaku ini banyak dialami oleh sebagian wanita yang setiap harinya berada di luar rumah tanpa penutup kepala. Kondisi rambut seperti ini sangatlah membuat penampilan kurang maksimal dan menarik. Selain itu juga dapat mengurangi rasa percaya diri Anda saat berhadapan dengan banyak orang.

Penyebab Rambut Kaku

Untuk bisa mengatasi masalah rambut kaku, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu penyebab rambut kaku ini. Berikut ini beberapa penyebab rambut kaku yang mungkin sedang Anda alami:


1. Paparan sinar matahari dan polusi udara

Sinar matahari dan polusi udara yang setiap hari Anda temui bisa jadi penyebab rambut kaku. Kedua penyebab ini sangatlah mungkin karena rambut Anda terpapar oleh keduanya. Sinar ultraviolet dan polusi udara membuat rambut menjadi kering dan kasar. Pada akhirnya rambut menjadi kaku. Ada baiknya Anda menggunakan topi, helm, jilbab, atau penutup kepala lainnya untuk melindungi rambut dari sinar matahari.

Penyebab Rambut Kaku

2. Ketidakseimbangan Hormon

Ketidakseimbangan hormon juga bisa menyebabkan rambut kaku. Keadaan ini biasa terjadi pada wanita yang sedang datang bulan, hamil, stress, mengalami gangguan tiroid, dan sebagainya.

3. Sering mengonsumsi junk food

Junk food atau makanan olahan ini sebenarnya sudah tidak mengandung nutrisi lagi. Nutrisi pada makanan ini telah habis akibat proses pemasakan yang berulang-ulang. Terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji membuat kulit kepala tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Akibatnya rambut menjadi kaku dan kurang sehat.

Penyebab Rambut Kaku

4. Kekurangan nutrisi tubuh

Makanan yang sehat dan bergizi mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Nutrisi-nutrisi seperti zink, vitamin A, vitamin E, vitamin B12, dan nutrisi lainnya sangat membantu menjaga dan merawat kelembaban kulit kepala Anda. Jika nutrisi ini tidak terpenuhi, maka rambut menjadi tidak lembab dan terasa kaku. Nutrisi ini banyak ditemui pada buah dan sayur.

Penyebab Rambut Kaku

5. Jarang keramas

Membersihkan rambut dengan keramas merupakan salah satu perawatan sederhana untuk kesehatan rambut Anda. Namun, jika hal demikian tidak Anda lakukan, maka rambut Anda akan menjadi kaku. Kebersihan dan kelembutan rambut akan membuat rambut menjadi sehat. Cobalah untuk rutin keramas dua hari sekali agar rambut tidak kaku. Ingat, jangan setiap hari ya.

6. Penggunaan sampo yang salah

Gunakanlah shampo yang sesuai dengan kondisi rambut Anda. Salah menggunakan prosuk shampo dapat membuat rambut menjadi kaku. Tentu hal ini tidak Anda inginkan bukan?

Penyebab Rambut Kaku

7. Gonta-ganti warna rambut

Tampil dengan warna rambut berbeda-beda memanglah tidak di larang. Namun, jika Anda terlalu sering mengganti warna rambut, akan berdampak buruk bagi rambut Anda. Zat (kimia) atau warna pada produk pewarna rambut dapat membuat rambut Anda menjadi kaku. Hal ini juga akan membuat rambut menjadi kusam dan kurang sehat.

8. Berenang

Usai berenang, biasanya rambut menjadi kaku. Hal ini disebabkan oleh kandungan klorin yang ada pada kolam renang. Zat ini dapat menjadikan rambut kering dan kaku. Untuk itu, segeralah keramas setelah Anda berenang di kolam renang. Cuci bersih menggunakan shampo.

Penyebab Rambut Kaku

Bagaimana, sudah tahu kan penyebab rambut kaku? Kedelapan penyebab di atas hanya sebagian saja. Masih banyak penyebab lainnya yang bisa Anda amati sendiri. Semoga artikel mengenai penyebab rambut kaku ini bermanfaat untuk Anda. Terima kasih telah menyimaknya.

0 Response to "Penyebab Rambut Kaku"

Posting Komentar