Cara Perawatan Rambut Agar Tidak Berketombe

Cara Perawatan Rambut Agar Tidak Berketombe - Rambut yang indah dan berkilau sangat diambakan setiap wanita. Masalah-masalah yang terjadi pada rambut pun sering mereka hindari agar rambut tetap sehat dan indah. Masalah ini seperti rambut rontok, kusam, berminyak, dan masalah yang banyak dialami para wanita adalah masalah ketombe.

Cara Perawatan Rambut Agar Tidak Berketombe


Memiliki rambut berketombe merupakan masalah terbesar bagi sebagian wanita yang harus segera diselesaikan secepatnya. Masalah ini begitu mengganggu penampilan dan rasa percaya diri seorang wanita saat berada bersama banyak orang. Nah, jika Anda salah satu wanita yang mengalami hal serupa,maka Anda bisa menyimak beberapa cara perawatan rambut agar tidak berketombe berikut ini:

Cara Perawatan Rambut Agar Tidak Berketombe

1.    Pilihlah jenis shampo yang tepat

Anda bisa memilih produk shampo yang sesuai dengan kondisi rambut Anda saat ini. Agar tidak berketmbe, pilhlah shampo anti ketombe yang banyak beredar di pasaran. Selain itu, gunakan juga kondisioner dan vitamin rambut agar rambut tetap halus dan bebas dari ketombe.

2.    Mencuci rambut dua hari sekali

Memang, mencuci rambut atau keramas sangatlah penting bagi kebersihan dan kelembutan rambut. Namun, keramas setiap hari juga tidak baik bagi kesehatan rambut Anda. Keramaslah dua hari sekali agar perawatan rambut Anda bisa maksimal. Jangan lebih dari itu, karena rambut akan kotor dan muncul ketombe serta kulit kepala terasa gatal-gatal.

Cara Perawatan Rambut Agar Tidak Berketombe

3.    Bahagiakan diri Anda

Banyak yang bilang jika energi positif dalam diri seseorang akan terpancar dan menarik energi positif di sekitanya. Untuk itu bahagiakan diri Anda dan sebisa mungkin hindari stress yang berlebihan. Stress ini bisa memicu tumbunya ketombe pada rambut Anda. Untuk itu, alihkan pikiran Anda pada hal-hal yang membuat Anda bahagia. Bisa dengan menjalankan hobi, jalan-jalan, ataupun yang lainnya.

4.    Konsumsilah makanan bergizi


Masalah ketombe pada rambut bisa disebabkan kurangnya nutrisi yang kita konsumsi. Seperti kurangnya protein, zinc dan iron yang sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut Anda. Untuk itu, mulailah hidup sehat dengan memperbanyak mengonsumsi makanan bergizi seperti sayur dan buah. Makanan-makanan ini pun akan membuat rambut Anda tidak berketombe dan lebih sehat.

Cara Perawatan Rambut Agar Tidak Berketombe

5.    Perbanyak air putih

Kulit kepala yang kering dapat menyebabkan masalah ketombe. Untuk itu Anda perlu menjaga kelembababan kulit kepala Anda dengan baik. Caranya adalah dengan memperbanyak mengonsumsi air putih. Setidaknya minumlah sekitar 8 gelas atau 2 liter air putih setiap harinya.

6.    Olahraga secara rutin


Berolahraga secara rutin tak hanya membuat tubuh Anda menjadi sehat. Aktvitas ini pun juga dapat membuat kulit kepala dan rambut Anda sehat dan terbebas dari ketombe. Olahraga ini pun juga dapat dilakukan setidaknya seminggu 3 kali.

Cara Perawatan Rambut Agar Tidak Berketombe

7.    Jangan sering menggunakan pewarna rambut

Memang, bergota-ganti warna rambut sangatlah menyenangkan bagi penampilan Anda. Namun, kegiatan mewarna rambut ini akan berdampak buruk bagi kesehatan kulit kepala dan rambut Anda. Jika Anda teralu sering mewarnai rambut, maka rambut Anda bisa saja kering dan berketombe. Tak heran jika hal ini terjadi karena bahan-bahan pewarna rambut ini mengandung beberapa bahan kimia yang tidak baik digunakan pada kulit kepala secara terus-menerus.

Cara Perawatan Rambut Agar Tidak Berketombe

Bagaimana, siapkah Anda merawat rambut agar tidak berketombe? Cobalah ketujuh cara di atas agar ketombe tak datang pada rambut Anda. Rawatlah rambut Anda setiap saat agar sehat dan bebas dari ketombe yang dapat mengganggu penampilan Anda.

0 Response to "Cara Perawatan Rambut Agar Tidak Berketombe"

Posting Komentar