Cara Perawatan Rambut Agar Tidak Rontok

Cara Perawatan Rambut Agar Tidak Rontok - Rambut yang sehat dan terhindar dari kerontokan adalah impian semua orang, terlebih lagi bagi kebanyakan wanita di Indonesia. Aktivitas yang padat, stress, dan juga polusi udara terkadang membuat rambut menjadi rapuh dan rontok. Hal ini pun membuat para wanita kebingungan dan melakukan berbagai perawatan untuk mencegah agar rambut tidak rontok. Anda kah salah satunya?

Cara Perawatan Rambut Agar Tidak Rontok


Jika kerontokan menjadi masalah terbesar para wanita, maka Anda perlu waspada dan mulai melakukan perawatan rambut agar tidak rontok. Caranya adalah sebagai berikut ini:

Cara Perawatan Rambut Agar Tidak Rontok

1.    Pilihlah shampo yang tepat

Pilihlah produk shampo yang sesuai dengan kondisi rambut Anda. Pilih shampo yang menguatkan akar rambut sehingga rambut Anda tidak mudah rapuh dan patah lagi. Rambut Anda akan kuat dan bebas dari kerontokan.

2.    Hindari menyisir rambut yang masih basah

Dari pada menyisir rambut yang basah, lebih baik sisirlah rambut Anda sebelum mencuci rambut. Hal ini akan mengurangi kerontokan rambut Anda. jika Anda menyisir saat rambut masih basah, rambut rentan patah dan rontok.

Cara Perawatan Rambut Agar Tidak Rontok

3.    Gunakan bahan-bahan alami untuk perawatan rambut

Beberapa bahan-bahan alami seperti lidah buaya, teh hijau, madu, minyak kelapa, minyak zaiun, susu, dan juga minyak kemiri dipercaya mampu menguatkan rambut dan mencegahnya dari kerontokan yang berlebihan. Bahan-bahan ini pun sangat mudah ditemui di sekitar kita. Tak ada salahnya Anda menggunakannya untuk perawatan di rumah.
Berikut contoh penggunaan bahan alami tersebut:

a.    Teh hijau

Teh hijau dapat berfungsi sebagai bahan perawatan rambut rontok. Teh hijau mampu mencegah rambut rontok serta meningkatkan tumbuhnya rambut. Hal ini bisa terjadi karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

Cara Perawatan Rambut Agar Tidak Rontok

Cara untuk membuatnya yaitu hanya dengan menyeduh 2 kantung teh hijau menggunakan air hangat kemudian mengusapkannya pada seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Diamkan sekitar 10 menit lalu bilas hingga bersih menggunakan air bersih.

b.    Lidah buaya

Kandungan pada lidah buaya dapat mengembalikan sel-sel kulit mati dan rusak serta meremajakan kembali bentuk dan sel jaringan rambut agar menjadi lebih sehat dan terhindar dari kerontokan rambut.

Cara Perawatan Rambut Agar Tidak Rontok

Cara merawat rambut rontok dengan lidah buaya yaitu dengan mengambil daging atau gel lidah buaya dan mengoleskannya ke seluruh bagian kepala dan rambut secara merata, diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih.

c.    Minyak kemiri

Minyak kemiri dapat mencegah rambut dari kerontokan. Caranya cukup mudah, hanya dengan mengoleskannya  pada kulit kepala hingga merata dan mencucinya setelah beberapa menit hingga bersih.

4.    Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Tak hanya untuk tubuh dan kulit saja, buah dan sayur pun juga bermanfaat untuk kulit kepala serta rambut Anda. Beberapa nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, Omega 3, serta nutrisi lainnya mampu membuat Anda terhindar dari masalah rambut rontok dalam waktu yang tak lama.

Cara Perawatan Rambut Agar Tidak Rontok

5.    Jangan terlalu sering menggunakan hair driyer

Penggunaan hair driyer yang berlebihan akan membuat rambut rapuh dan mudah rontok. Untuk itu, gunakanlah hair dryer seperlunya saja agar terhindar dari kerontokan rambut.

Cara Perawatan Rambut Agar Tidak Rontok

Itulah tadi lima cara perawatan rambut agar tidak rontok. Rawatlah rambut Anda sedini mungkin agar masalah kerontokan rambut tidak datang menghampiri Anda. Perhatikan kebersihan dan produk perawatan rambut Anda. Semoga artikel mengenai cara perawatan rambut rontok ini bermanfaat untuk Anda. Terima kasih telah menyimak artikel ini.

0 Response to "Cara Perawatan Rambut Agar Tidak Rontok"

Posting Komentar