Cara Perawatan Rambut Agar Tetap Sehat

Cara Perawatan Rambut Agar Tetap Sehat - Memiliki rambut yang sehat dan terawat bisa dimiki semua orang asalkan mau merawat dan memperhatikan kesehatan rambutnya. Hampir semua orang memiliki rambut yang indah dan menarik. Namun, karena sering cuek dan mengabaikan kesehatannya, rambut pun menjadi lebih kusam dan tidak menarik lagi. Tentu, kita harus memperhatikan rambut agar tetap sehat terawat setiap saat.

Cara Perawatan Rambut Agar Tetap Sehat


Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan rambut yang sehat. Agar lebih jelasnya, simak beberapa cara perawatan rambut agar tetap sehat berikut ini:

Cara Perawatan Rambut Agar Tetap Sehat 

1.    Kenali jenis rambut Anda


Sebelum melakukan perawatan rambut, ada baiknya Anda mengenali jenis rambut Anda. Apakah normal, berminyak, berketombe, kusam, atau mudah rontok. Masalah yang Anda hadapi saat ini pun bisa diatasi dengan mengenali jenis rambut Anda. Dengan begitu, Anda akan mudah merawatnya.

2.    Gunakan produk perawatan rambut

Banyak produk perawatan rambut yang ditawarkan di pasaran. Mulai dari shampo, kondisioner, serum rambut, masker rambut, vitamin rambut, pewarna rambut, dan masih banyak lagi produk-produk perawatan rambut lainnya. Nah, agar rambut tetap sehat, Anda harus memilih produk yang tepat. Gunakan produk perawatan yang memang sesuai dengan kondisi rambut Anda dan bisa menyelesaikan masalah yang ada pada rambut Anda.

Cara Perawatan Rambut Agar Tetap Sehat

3.    Hindari pemakaian alat stylis rambut yang berlebihan

Terlalu sering menggunakan alat stylis rambut seperti catok, hair dryer, dan blow rambut bisa merusak rambut Anda. Penggunaan yang wajar tentu tidak masalah untuk kesehatannya, namun jika digunakan terus menerus akan membuat rambut Anda mengembang dan mudah rapuh.

4.    Gunakan bahan alami untuk perawatan rambut

Ada banyak sekali bahan alami yang dapat membuat rambut Anda tetap sehat terawat. Diantaranya adalah minyak kelapa, minyak zaitun, minyak almond, minyak kemiri, madu, telur, mayones, daun waru , alpukat, pisang, apel, lidah buaya, cuka apel, yogurt, teh hitam, dan teh hijau. Bahan-bahan alami ini memiliki khasiat yang beragam untuk perawatan rambut Anda.

Cara Perawatan Rambut Agar Tetap Sehat

5.    Rutin keramas dua hari sekali

Biasakan untuk keramas dalam dua hari sekali. Jangan mencuci rambut setiap hari karena akan menghilangkan kelembaban rambut Anda. Gunakan air dingin untuk keramas ya. Ingat, jangan terlalu keras saat menggosok-gosokkan rambut dengan handuk ya.

6.    Jangan menyisir rambut dalam keadaan basah


Menyisir rambut setelah keramas dalam keadaan rambut masih basah akan membuat rambut mudah patah dan rontok. Ada baiknya Anda menyisir rambut sebelum keramas menggaunakan sampo. Perhatikan pula sisir Anda, gunakan sisir yang bergigi renggang.

Cara Perawatan Rambut Agar Tetap Sehat

7.    Potong rambut secara rutin


Agar rambut terlihat rapi dan lebih fresh. Cobalah untuk merutinkan memotong rambut minimal 2 hingga 3 bulan sekali. Hal ini juga akan membuat penampilan Anda lebih segar dan menarik.

8.    Konsumsi makanan yang sehat

Makanan yang sehat juga sangat berpengaruh pada kesehatan rambut Anda. Memilih mengonsumsi buah dan sayur adalah pilihan yang sangat tepat. Karena memang makanan ini memiliki banyak nutrisi dan gizi yang sangat dibutuhkan oleh rambut Anda.

Cara Perawatan Rambut Agar Tetap Sehat

Demikianlah tadi beberapa cara perawatan rambut agar tetap sehat. Ingat, rambut juga perlu dirawat dan dijaga kesehatannya. Jangan dibiarkan begitu saja tanpa dirawat. Karena memang rambut juga sangat penting bagi penampilan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Terima kasih telah menyimak artikel cara perawatan rambut agar tetap sehat ini hingga akhir.

0 Response to "Cara Perawatan Rambut Agar Tetap Sehat"

Posting Komentar