Cara Perawatan Rambut Rusak

Cara Perawatan Rambut RusakRambut sering diibaratkan sebagai mahkota yang sangat berharga dan harus dijaga kesehatan serta keindahannya. Tak jarang orang sering membentuk rambut menjadi berbagai gaya dan model tanpa memperhatikan efek samping yang akan dialami oleh rambut.

Rambut rusak tidak bisa dihindari jika penggunaan catok, warna rambut, rebonding atau semacamnya tidak diimbangi dengan perawatan yang baik. Efek samping dari metode-metode tersebut menyebabkan rambut rusak, seperti kering, rontok, dan bercabang karena tidak tahan dengan bahan kimia, alat yang dipakai, dan semua proses yang dilalui serta kurangnya nutrisi yang tidak bisa mencegah kerusakan rambut.


Anda bisa merawat rambut rusak menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun yang kaya akan kandungan vitamin A, E, dan C sudah sangat terkenal untuk perawatan rambut. Minyak zaitun akan memberikan nutrisi pada kulit rambut. Cara menggunakan minyak zaitun sebagai perawatan rambut rusak sangat mudah, yaitu gunakan sebagai masker rambut.

Cara Perawatan Rambut Rusak

Setelah keramas, usap rambut menggunakan handuk sampai agak kering lalu oleskan minyak zaitun di kulit kepala secara merata dan pijat kepala secara perlahan selama 5 sampai 10 menit. Setelah itu oles minyak zaitun ke seluruh rambut agar nutrisi bisa terserap oleh kulit kepala dan helai rambut lalu diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air. Masker minyak zaitun untuk rambut rusak bisa membuat rambut rusak menjadi kembali sehat dengan cepat.

Selain minyak zaitun, Anda juga bisa menggunakan lidah buaya sebagai bahan perawatan rambut rusak. Kandungan getah pada lidah buaya dapat menghitamkan rambut dan membuat rambut menjadi lebih sehat. Cara menggunakannya cukup mudah, pilih lidah buaya dengan ukuran batang yang besar.

Ukuran batang yang besar pasti mengandung vitamin E yang akan memiliki manfaat bagus untuk rambut Anda. Sebelum meracik lidah buaya, bilas rambut Anda terlebih dahulu dengan air hangat dan usap dengan handuk sampai setengah kering.

Cara Perawatan Rambut Rusak

Jika sudah selesai, potong dan belah lidah buaya menjadi beberapa bagian. Setelah itu oles getah pada kulit kepala dan pijat dengan lembut lalu usapkan getah lidah buaya pada seluruh helai rambut dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Kemudian bilas rambut dengan air. Lakukan upaya ini selama 2 sampai 3 kali seminggu secara rutin dalam sebulan, maka Anda akan melihat hasilnya.

Selain cara di atas, Anda juga harus menjaga asupan makanan yang Anda konsumsi. Cukupi gizi yang Anda butuhkan dengan makan sayur atau buah yang mengandung vitamin A, C, dan E agar kulit kepala dan rambut rusak kembali sehat dan indah. Asupan makanan bukan hanya berfungsi untuk menjaga kondisi rambut Anda, tapi juga bagian tubuh yang lain, seperti mata, kulit, dan lainnya.

Cara Perawatan Rambut Rusak

Hindari juga pengering rambut / hair dryer. Lebih baik keringkan rambut yang basah  menggunakan handuk yang kering dan lembut lalu angin-anginkan sampai kering. Namun jika memang Anda terpaksa menggunakan hair dryer, gunakan hair dryer dengan kondisi yang tidak terlalu panas.

Itulah cara alami perawatan rambut rusak dengan bahan-bahan sederhana yang bisa Anda jumpai di mana saja. Rambut rusak akan kembali sehat dengan perawatan berkala yang Anda lakukan selama beberapa waktu. Anda harus ingat, lakukan perawatan ekstra jika Anda ingin menggunakan metode perawatan rambut yang menggunakan alat atau bahan kimia agar kesehatan rambut Anda tetap terjaga. Semoga artikel kami bermanfaat untuk Anda. Terima kasih.

0 Response to "Cara Perawatan Rambut Rusak"

Posting Komentar