Cara Perawatan Rambut Beruban

Cara Perawatan Rambut Beruban - Rambut beruban adalah rambut yang berwarna putih dan menunjukan bahwa usia telah matang atau dewasa. Rambut beruban ini bisa datang pada semua orang di saat usianya telah menginjak 40 hingga 50-an. Rambut yang awalnya hitam ini pun secara perlahan berubah memutih atau biasa disebut dengan uban.

Cara Perawatan Rambut Beruban


Bagi sebagian orang, memiliki rambut beruban adalah masalah tersendiri. Karenanya, seseorang bisa kurang percaya diri dan tidak nyaman bertemu banyak orang. Tak heran jika banyak orang yang memilih untuk menyemir rambut mereka. Nah, jika Anda mengalami rambut beruban, maka simaklah beberapa cara perawatan rambut beruban berikut ini:

Cara Perawatan Rambut Beruban 

1.    Biarkan uban tumbuh secara alami

Uban menandakan bahwa usia Anda sudah matang atau senja. Biarkanlah uban tumbuh secara alami. Jangan cabut uban yang ada pada diri Anda. Karena hal ini bisa berakibat buruk pada kesehatan Anda. Jika mau Anda bisa melakukan perawatan secara alami dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti susu, santan, wortel, yoghurt, atau lidah buaya.

2.    Memijat Kulit Kepala

Melakukan pemijatan pada kulit kepala yang beruban akan merangsang peredaran darah menjadi lancar. Lakukan pemijatan secara rutin dan teratur pada saat anda keramas. Gunakan minyak alami atau lidah buaya untuk pemijatannya.

Cara Perawatan Rambut Beruban

3.    Mengurangi pewarnaan rambut

Ada banyak orang yang memilih untuk menutupi tumbuhnya uban ini dengan mewarnai rambut mereka. Hal ini sebaiknya Anda hindari karena pewarna rambut mengandung banyak zat kimia yang dapat merusak rambut Anda. Biarkanlah rambut putih itu tumbuh secara alami.

4.    Istirahat cukup

Sebisa mungkin istirahat yang cukup dan hindari stress pada masa-masa ini. Anda yang berusia di atas 40 tahun lebih rentan terserang penyakit karena banyaknya pikiran. Tak heran jika stress ini juga memicu tumbuhnya uban secara cepat. Untuk itu mulailah menahan diri dari pikiran yang berlebihan. Istirahatlah yang cukup agar diri Anda bisa tenang.

Cara Perawatan Rambut Beruban

5.    Konsumsi air putih 

Perbanyaklah mengonsumsi air mineral atau air putih agar kelembaban kulit kepala Anda terjaga. Usahakan meminum air sebanyak 2 liter atau 8 gelas setiap harinya.

6.    Konsumsi makanan bergizi

Perbanyak makan makanan yang bergizi agar kesehatan rambut beruban Anda tetap terjaga. Perbanyak makan buah dan sayur ang banyak mengandung nutrisi untuk kesehatan rambut Anda. Seperti Vitamin B6 dan B12, yang berfungsi menyuplai oksigen dan nutrisi ke kulit kepala. Vitamin B2, membantu produksi hormon serta menyeimbangkan sistem tubuh yang berpengaruh terhadap warna rambut. Selenium, melawan proses penuaan dan radikal bebas. Tembaga, berfungsi untuk pembentukan melanin, sumber warna rambut.

Cara Perawatan Rambut Beruban

7.    Gunakan bahan alami sepeti yogurt 

Campurkan  satu gram lada hitam atau kopi bubuk dengan 100 gram yogurt tanpa gula. Setelah itu lumuri dengan halus ke kulit kepala serta rambut kemudian bersihkan dengan air hangat dan shampo setelah satu jam. Lakukan hal ini setiap minggu untuk memperoleh hasil yang baik. Tak hanya menyingkirkan uban, campuran ini dapat membuat rambut Anda berkilau dan terhindar dari ketombe. Selain itu lada hitam menjadikan rambut lebih hitam dan kopi menjaga warna rambut.

Cara Perawatan Rambut Beruban

Nah, itulah tadi cara perawatan rambut beruban yang perlu Anda ketahui sekarang juga. Rambut beruban adalah kondisi yang wajar dan alami yang dirasakan seseorang saat usianya di ata 40 tahun. Untuk itu, janganlah risau dan bingung dengan keadaan ini. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

0 Response to "Cara Perawatan Rambut Beruban"

Posting Komentar