Cara Perawatan Rambut Catok

Cara Perawatan Rambut Catok - Memiliki rambut yang lurus dan lembut adalah keinginan semua wanita di dunia ini. Namun sayangnya tak semua wanita memiliki rambut seperti ini. Oleh karena itu, mereka mencoba untuk melakukan perawatan agar rambut mereka menjadi lurus dan berkilau. Salah satu caranya adalah dengan melakukan pencatokan rambut.

Cara Perawatan Rambut Catok


Rambut yang telah dicatok memang sedikit lurus. Namun hal ini tidak bisa bertahan lama. Karena memang rambut aslinya tidak lurus. Nah, untuk mengatasi hal ini, berikut ini beberapa cara perawatan rambut catok yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah:

Cara Perawatan Rambut Catok

1.    Gunakan alat catok yang berkualitas

Pastikan alat catok yang Anda gunakan bekualitas dan baik. Jangan sampai Anda mengunakan alat catok yang kualitasnya rendah atau kw sehingga rambut Anda rusak dalam seketika.

2.    Pelajari cara mencatok yang benar

Tentu cara mencatok yang salah akan berdampak buruk bagi rambut Anda. Untuk itu lakukanlah cara pencatokan rambut yang tepat seperti di bawah ini:

Cara Perawatan Rambut Catok

•    Jangan catok rambut ketika rambut basah atau habis keramas, tunggulah sampai rambut menjadi kering.
•    Mencatok rambut ketika masih basah akan membuat rambut seperti bau terbakar.
•    Sebelum mencatok usapkan serum, krim, vitamin atau lotion pelindung rambut untuk mencegah rambut kering namun tetap berkilau dan sehat.
•    Pisahkan rambut menjadi beberapa bagian, jepit dengan alat catok rambut lalu tahan selama 6 detik dan tarik dari pangkal hingga ujung rambut. Usahakan jangan berhenti di tengah karena akan membuat rambut terlihat patah.
•    Jangan mencatok satu bagian rambut secara berulang-ulang. Gesekan antara lempengan catokan dan rambut dapat merusak kutikula rambut. Setelah selesai sisirlah dengan menggunakan sikat bulu khusus sesuai dengan keinginan.

Cara Perawatan Rambut Catok

3.    Selalu gunakan serum rambut 

Serum rambut sangat dibuthkanbagi kesehatan dan kelembutan rambut Anda setelah memakai catok. Penggunaan serum rambut dapat melindungi setiap helai rambut Anda dan mencegahnya dari  kerusakan karena terkena panas dari alat catok.

4.    Bagi dan pilah rambut seperti di salon

Cara salon daam mencatok rambut bisa Anda tiru di rumah. Cara ini pun efektif memantu nda mencatok rambu. Sama seperti jika Anda mencatok rambut di salon, maka lakukan pencatokan rambut dari bagian rambut terdalam hingga ke arah luar.

Cara Perawatan Rambut Catok

5.    Lakukan perawatan rutin

Anda bisa melakukan perawatan rambut catok secara rutin di rumah. Gunakan beberapa bahan alami seperti lidah buaya, madu, minyak zaitun, minyak kelapa, susu, telur, dan beberapa bahan lainnya sebagai masker rambut. Perawatan rutin minimal seminggu sekali ini bisa membuat rambut Anda sehat dan lembut secara alami.

6.    Gunakan kondisioner

Untuk menjaga kelemababan rambut catok Anda, gunakanlah kondisioner setiap habis keramas atau melakukan treatment khusus di salon untuk hasil yang lebih maksimal. Kondisioner ini pun juga dapat membantu perawatan rambut catok Anda agar terindar dari rambut kering, kusam, dan berminyak.

Cara Perawatan Rambut Catok

7.    Pebanyak konsumsi makana bergizi

Makanan yang bergizi sangatlah dibutuhkan oleh tubuh dan rambut Anda. Apalagi terhadap rambut yang sering dicatok. Makanan ini banyak terdapat pada sayuran dan buah-buahan. Perbanyak konsumsi sayur dan buah. Seperti apel, jeruk, salak, alpukat, brokoli, wortel, bayam, dan lain sebagainya. Ingat, jangan lupa untuk meminum air mineral minimal 8 gelas setiap harinya.

Cara Perawatan Rambut Catok

Itulah tadi tujuh cara perawatan rambut catok yang bisa Anda terapkan sekarang juga. Rawatlah rambu Anda sebaik mungkin dan jangan biarkan kusam dan tidak sehat lagi. Semoga artikel ini bermanfaat. Teima kasih.

0 Response to "Cara Perawatan Rambut Catok"

Posting Komentar