Cara Perawatan Rambut dengan Baking Soda

Cara Perawatan Rambut dengan Baking Soda - Sebelum adanya shampo, masyarakat zaman dahulu telah menggunakan baking soda sebagai shampo. Baking soda ini dicampur dengan beberapa bahan yang bermanfaat bagi kesehatan rambut. Saat ini, Anda pun bisa menggunakan baking soda dalam perawatan rambut Anda. Baking soda akan membuat rambut Anda semakin bersih, lembut, mengkilap, dan sehat.

Cara Perawatan Rambut dengan Baking Soda

Baking soda merupakan natrium bikarbonat, yaitu zat alami seperti kristal namun tapi sering muncul sebagai bedak halus. Zat alkali ini bersifat anti jamur, anti bakteri, anti inflamasi dan antiseptik.
Berikut ini adalah beberapa manfaat dan cara menggunakan baking soda untuk perawatan rambut:

Cara Perawatan Rambut dengan Baking Soda

1.    Mengatasi rambut berminyak dan bau

Rambut yang berminyak dan lepek akan menimbulkan aroma yang tidak sedap atau bau. Hal ini pun bisa Anda atasi dengan menggunakan baking soda. Hal ini karena baking soda dapat membantu mengurangi kadar minyak dan menetralisir bau pada rambut. Selain itu, sifat basa pada baking soda dapat menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala serta menjaganya agar tetap bersih dan sehat.

2.    Menghilangkan ketombe

Ketombe yang ada pada kulit kepala Anda bisa dihilangkan dengan menggunakan baking soda. Hal ini bisa Anda lakukan dengan mengosok-gosokkan baking  soda ke kulit kepala.

Cara Perawatan Rambut dengan Baking Soda

3.    Mengurangi rambut rontok

Rambut yang rontok bisa diakibatkan oleh rapuhnya rambut. Hal ini pun bisa diatasi dengan menggunakan baking soda. Baking soda, mengandung magnesium yang dapat memperkuat akar rambut sehingga rambut Anda tidak mudah patah dan rontok.

4.    Menghilangkan rambut kusam

Rambut yang kusam biasanya terjadi karena paparn sinar matahari, debu, polusi udara, dan beberapa penyebab lainnya. Akibat rambut kusam ini pun Anda terlihat tidak menarik dan kurang percaya diri. Untuk itu, penggunaan baking soda sebagai shampo mampu menghilangkan rambut kusam Anda.

Cara Perawatan Rambut dengan Baking Soda

5.    Membuat rambut lurus dan berkilau.

Penggunaan baking soda juga dapat membuat rambut Anda menjadi lurus dan berkilau.

6.    Mengatasi rambut bercabang.

Untuk mengatasi masalah rambut bercabang, Anda bisa menggunakan campuran baking soda dengan minyak zaitun.

Cara Perawatan Rambut dengan Baking Soda

Pada dasarnya penggunaan baking soda dijadikan sebagai shampo dan dapat membersihkan kulit kepala dan rambut Anda. Anda pun bisa membuat shampo sendiri di rumah. Namun penggunaan baking soda ini juga tidak diperbolehkan setiap hari. Karena akan membuat kulit kepala Anda mengelupas. Berikut ini beberapa cara dalam membuat shampo dari baking soda untuk perawatan rambut Anda:

Cara Perawatan Rambut dengan Baking Soda

1.    Ambil 1 sendok makan baking soda. Tambahkan air secukupnya dengan perbandingan 1 : 3.
2.    Aduk hingga warna air berubah
3.    Anda bisa langsung mengoleskan campuran tersebut ke seluruh bagian kulit kepala dan rambut
4.    Tutup menggunakan penutup kepala atau handuk kering
5.    Tunggu selama kurang lebih 30 menit
6.    Bilas dengan air bersih dan keramaslah menggunakan shampo seperti biasanya.
7.    Lakukan hal ini satu atau dua kali dalam seminggu

Tak hanya dicampur air saja, Anda juga bisa mencampurnya dengan bahan alami lainnya. Caranya pun hampir sama dengan cara di atas. Selain itu, Anda juga bisa langsung menggunakan baking soda dengan menggosok-gosokannya langsung ke kulit kepala.

Cara Perawatan Rambut dengan Baking Soda

Baing soda ternyata memiliki banyak manfaat bagi perawatan rambut Anda. Masalah rambut seperti rambut rontok, berketombe, dan rambut kusam pun bisa diatasi dengan menggunakan shampo baking soda ini. Ingat, jangan melakukan hal ini secara berlebihan karena akan membuat kulit kepala Anda mengelupas dan rambut rusak. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Terima kasih.



0 Response to "Cara Perawatan Rambut dengan Baking Soda"

Posting Komentar