Cara Perawatan Rambut dengan Kemiri

Cara Perawatan Rambut dengan Kemiri - Anda pasti sudah familiar dengan kemiri. Yah, bahan alami satu ini selalu ada di dapur Anda bukan?. Tak hanya sebagai bumbu masakan, kemiri juga dapat dijadikan sebagai bahan produk perawatan. Kemiri sendiri memiliki beberapa nama yang berbeda di beberapa negara. Seperti pohon kacang kukui, candlenut, walnut India, ataupun candleberry.


Cara Perawatan Rambut dengan Kemiri

Pohon ini biasanya tumbuh di daerah tropis dengan ketinggian mencapai 15-25 meter dan memiliki banyak cabang yang melebar serta menggelantung. Daunnya sepanjang 10-20 sentimeter, warnanya hijau pucat, berbentuk oval dan bercuping tiga. Di dalam Biji kemiri terdapat lapisan yang keras dan mengandung kadar minyak yang sangat tinggi. Minyak inilah yang kemudian dijadikan berbagai produk perawatan kecantikan dan rambut.

Cara Perawatan Rambut dengan Kemiri

Ada banyak nutrisi yang terkandung pada kemiri. Diantaranya adalah flavonoid, saponin, polifenol, dan mineral seperti kalsium, fosfor, zat besi, seng, selenium, magnesium, tembaga serta potasium. Selain itu, ada pula vitamin A, vtamin B1, asam folat, serta phytosterol. Zat-zat yang ada dalam kemiri tersebut sangat efektif dalam merawat rambut Anda secara alami. Tak heran jika minyak kemiri juga dapat mengatasi berbagai masalah rambut Anda.

Berikut ini beberapa masalah rambut yang bisa diatasi menggunakan kemiri:

•    Mengurangi kerontokan rambut. Hal ini dikarenakan minyak kemiri mampu menguatkan akar rambut, jadi rambut tidak mudah patah dan rontok.
•    Membuat rambut lebih hitam dan berkilau
•    Merangsang pertumbuhan rambut secara alami
•    Menghlangkan ketombe. Kulit kepala yang berketombe akan hilang dengan minyak kemiri karena minyak kemiri akan membersihka kotoran-kotoran yang ada pada rambut.
•    Membuat rambut tidak kusam dan lembab. Mineral yang ada pada kemiri mampu melemabkan rambut dan membuatnya tidak kusam.
•    Mengurangi resiko rambut rusak akibat paparan sinar matahari dan polusi udara
•    Mengurangi tumbuhnya uban secara cepat
•    Mengatasi rambut kering dan bercabang akibat alat stylist rambut. Pengunaan alat-alat penata rambut terkadang membuat rambut menjadi kering dan berabang.

Cara Perawatan Rambut dengan Kemiri

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan perawatan rambut dengan kemiri ini. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Cara Perawatan Rambut dengan Kemiri

1.    Pilihlah biji kemiri yang berkalitas. Cobalah memilih kemiri yang ukurannya relatif besar
2.    Tumbuk seluruh kemiri menjadi satu
3.    Setelah halus, sangrai kemiri tersebut di atas wajan. Ingat jangan tambahkan minyak, hanya disangrai
4.    Aduk secara perlahan dan terus menerus hingga keluar minyak
5.    Pisahkan antara ampas dan minyak kemiri tersebut dan tunggu hingga dingin
6.    Tempatkan minyak ke dalam wadah atau botol
7.    Anda bisa langsung mengoleskan minyak kemiri ke seluruh bagian rambut sambil dipijat perlahan
8.    Diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Lakukan 2 sampai 3 kali dalam seminggu

Cara Perawatan Rambut dengan Kemiri

Penggunaan minyak kemiri secara rutin untuk merawat rambut dapat mengatasi berbagai masalah rambut yang sedang Anda alami. Tentu, Anda juga harus mengetahui bagaimana kondisi rambut Anda sebelumnya. Sesuaikan perawatan rambut yang sedang Anda lakukan dengan kondisi rambut Anda. Kemiri yang berukuran mungil ini pun semakin mudah ditemui diberbagi wilayah di Indonesia.

Cara Perawatan Rambut dengan Kemiri

Jika Anda tidak sempat membuat ramuan minyak kemiri ini, Anda tak perlu khawatir. Karena kini telah banyak produk kecantikan berupa minyak kemiri asli yang banyak beredar di masyarakat. Namun, Anda juga harus hati-hati dan waspada dengan produk yang tak asli. Semoga artikel mengenai cara perawatan rambut dengan kemiri ini bermanfaat untuk Anda. Terima kasih.

0 Response to "Cara Perawatan Rambut dengan Kemiri"

Posting Komentar