Penyebab Rambut Pirang

Penyebab Rambut Pirang - Rambut pirang merupakan kondisi dimana rambut berubah warna secara perlahan. Sekilas memang rambut pirang tak ada masalah sedikitpun. Namun jika hal ini terjadi begitu saja, maka akan bermasalah dan bisa membuat penamilan Anda semakin tidak menarik dan Anda menjadi kurang percaya diri.

Penyebab Rambut Pirang



Rambut pirang bisa disebabkan oleh faktor dari dalam diri Anda maupun faktor lingkungan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa penyebab rambut pirang yang bisa Anda ketahui:

1. Kekurangan vitamin, protein dan Zinc

Padatnya aktivitas dan seringnya melakukan penataan rambut, sebaiknya diimbangi dengan mengonsumsi makanan bergizi. Kurangnya nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, zink dan protein malah akan membuat rambut pirang. Kedua nutrisi ini sangat diperlukan oleh rambut untuk menjaga pigmentasi rambut. Jika keduanya tidak didapatkan, maka warna rambut berubah menjadi pirang.

Penyebab Rambut Pirang

2. Tidak berfungsinya pigmen rambut

Warna hitam pada rambut Anda bisa hilang saat pigmen rambut tidak mampu lagi memproduksi warna hitam. Stress, pemakaian minyak rambut secara berlebihan, makanan, dan polusi udaralah yang menyebabkan pigmen rambut tidak berfungsi lagi. Alhasil rambut menjadi pirang.

3. Salah menggunakan shampo

Salah memilih shampo ternyata dapat membuat rambut pirang. Hal ini sangatlah mungkin karena setiap rambut itu kondisinya berbeda. Termasuk bahan-bahan atau zat yang terkandung di dalamnya. Tentu salah menggunakan shampo akan menimbulkan masalah baru dan rambut menjadi kering. Kondisi inilah yang dapat menghilangkan pigmen alami rambut Anda.

Penyebab Rambut Pirang

4. Penggunakan hair dryer dan catok rambut

Selain menggunakan hair dryer, penggunan catok rambut juga bisa membuat rambut pirang. Kedua alat ini menggunakan energi listrik untuk menghidupkannya. Energi listrik ini mengandung panas yang dapat mengeringkan rambut dan membuat rambut pirang. Jika dilakukan secara terus-menerus, proses ini akan menghilangkan minyak alami pada rambut dan membuat rambut kering dan pirang.

5. Keramas setiap hari

Memang sekilas keramas setiap hari akan membuat rambut Anda bersih dan lembut. Namun, jika hal ini dilakukan terus-menerus, maka rambut pun akan kehilangan minyak alami pada kutikula dan rambut menjadi kering. Konsdisi ini juga dapat membuat rambut pirang. Setidaknya hindari keramas setiap hari dengan keramas dua hari sekali agar rambut tetap hitam berkilau.

Penyebab Rambut Pirang

6. Paparan sinar matahari secara langsung

Jika Anda sering berada di luar rumah tanpa penutup kepala, maka tak heran jika lama-kelamaan rambut Anda menjadi pirang. Hal ini bisa saja terjadi akibat paparan sinar matahari yang secara langsung menyinari rambut Anda. Rambut Anda pun akan terbakar panas tersebut dan akhirnya menjadi pirang. Tak ada salahnya Anda melindungi kepala dengan topi, jilbab, scraft, atau helm saat bekerja di bawah panas matahari.

7. Perawatan rambut yang berlebihan

Proses perawatan rambut yang berlebihan seperti sering smoothing, rebonding, mewarnai rambut, dan yang lainnya akan membuat rambut menjadi pirang. Selain menggunakan berbagai peralatan rambut yang menggunakan listrik, proses ini juga menggunakan beberapa obat atau bahan yang mengandung zat kimia. Zat kimia ini pun dapat membuat rambut pirang.

Penyebab Rambut Pirang

Itulah beberapa penyebab rambut pirang yang perlu Anda ketahui saat ini juga. Penyebab rambut pirang ini bisa berbeda-beda pada setiap wanita. Manakah yang menyebabkan rambut Anda pirang? Segera atasi dengan bahan-bahan alami. Semoga artikel mengenai penyebab rambut pirang ini bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih telah menyimaknya.

0 Response to "Penyebab Rambut Pirang"

Posting Komentar