Penyebab Rambut Kemerahan

Penyebab Rambut Kemerahan - Rambut yan sehat identik dengan warna hitam, lebat, berkilau, dan lembut. Kondisi rambut seperti inilah yang banyak dikejar oleh para wanita di Indonesia. Memiliki rambut hitam menjadi kebanggaan tersendiri bagi sebagian wanita. Namun, rambut yang awalnya hitam berangsur-angsur bisa menjadi kemerahan dan terlihat tidak menarik lagi.

Penyebab Rambut Kemerahan

Kondisi rambut kemerahan ini bisa saja terjadi kapan saja dan pada siapapun. Rambut kemerahan juga dipengruhi oleh beberapa hal. Yaitu sebagai berikut:

Penyebab Rambut Kemerahan


1. Paparan sinar matahari secara langsung

Jika Anda sering berada di luar rumah tanpa penutup kepala, maka tak heran jika lama-kelamaan rambut Anda menjadi kemerahan. Hal ini bisa saja terjadi akibat paparan sinar matahari yang secara langsung menyinari rambut Anda. Rambut Anda pun akan terbakar panas tersebut dan akhirnya kemerahan. Tak ada salahnya Anda melindungi kepala dengan topi, jilbab, scraft, atau helm saat bekerja di bawah panas matahari.

Penyebab Rambut Kemerahan

2. Tidak berfungsinya pigmen rambut

Warna hitam pada rambut Anda bisa hilang saat pigmen rambut tidak mampu lagi memproduksi warna hitam. Stress, pemakaian minyak rambut secara berlebihan, makanan, dan polusi udaralah yang menyebabkan pigmen rambut tidak berfungsi lagi. Alhasil rambut menjadi tidak sehat dan kemerahan.

Penyebab Rambut Kemerahan

3. Penggunakan hair dryer dan catok rambut

Selain menggunakan hair dryer, penggunan catok rambut juga bisa membuat rambut kemerahan. Kedua alat ini menggunakan energi listrik untuk menghidupkannya. Energi listrik ini mengandung panas yang dapat mengeringkan rambut dan membuat rambut kemerahan. Jika dilakukan secara terus-menerus, proses ini akan menghilangkan minyak alami pada rambut dan membuat rambut kering dan kemerahan.

4. Kekurangan vitamin, protein dan Zinc

Padatnya aktivitas dan seringnya melakukan penataan rambut, sebaiknya diimbangi dengan mengonsumsi makanan bergizi. Kurangnya nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, zink dan protein malah akan membuat rambut kemerahan. Kedua nutrisi ini sangat diperlukan oleh rambut untuk menjaga pigmentasi rambut. Jika keduanya tidak didapatkan, maka warna rambut berubah kemerahan.

Penyebab Rambut Kemerahan

5. Keramas setiap hari

Memang sekilas keramas setiap hari akan membuat rambut Anda bersih dan lembut. Namun, jika hal ini dilakukan terus-menerus, maka rambut pun akan kehilangan minyak alami pada kutikula dan rambut menjadi kering. Konsdisi ini juga dapat membuat rambu kemerahan. Setidaknya hindari keramas setiap hari dengan keramas dua hari sekali agar rambut tetap hitam berkilau.

6. Perawatan rambut yang berlebihan

Proses perawatan rambut yang berlebihan seperti sering smoothing, rebonding, mewarnai rambut, dan yang lainnya akan membuat rambut menjadi kemerahan. Selain menggunakan berbagai peralatan rambut yang menggunakan listrik, proses ini juga menggunakan beberapa obat atau bahan yang mengandung zat kimia. Zat kimia ini pun dapat membuat rambut kemerahan.

Penyebab Rambut Kemerahan

7. Salah menggunakan shampo

Salah memilih shampo ternyata dapat membuat rambut kemerahan. Hal ini sangatlah mungkin karena setiap rambut itu kondisinya berbeda. Termasuk bahan-bahan atau zat yang terkandung di dalamnya. Tentu salah menggunakan shampo akan menimbulkan masalah baru dan rambut menjadi keing. Kondisi inilah yang dapat menghilangkan pigmen alami rambut Anda.

Penyebab Rambut Kemerahan

Itulah tadi 7 penyebab rambut kemerahan yang banyak dialami banyak wanita di Indonesia. Rambut kemerahan tak hanya membuat Anda kurang percaya diri, rambut kemerahan juga menandakan kalau rambut Anda bermasalah dan tidak sehat. Semoga artikel mengenai penyebab rambut kemerahan ini bermanfaat untuk Anda. Terima kasih telah menyimaknya.

0 Response to "Penyebab Rambut Kemerahan"

Posting Komentar