Penyebab Rambut Kutuan

Penyebab Rambut Kutuan - Pernahkah kepala Anda gatal tapi tidak berketombe? Bisa jadi hal ini disebabkan oleh kutu rambut yang bersarang di rambut Anda. Parasit yang saat ini sangatlah kecil dan bertahan hidup dengan menghisap darah di kepala Anda.

Penyebab Rambut Kutuan

Akibatnya, kulit kepala menjadi gatal-gatal. Kutu rambut ini berasal dari telur, dan telur tersebut bisa menetas sekitar 7 sampai 10 hari. Telur ini berasal dari kutu betina yang dikenal dengan nama nits. Kemudian nits ini bertelur lebih 10 telur dalam 24 jam. Pada malam harilah kutu ini biasa mengeluarkan telurnya. Dan berkembang menjadi dewasa dengan menghisap darah pada kulit kepala sebagai makanannya.

Penyebab Rambut Kutuan


Tak mau kan, rambut Anda didiami kutu rambut yang menyebalkan itu. Jadi, Anda juga perlu bertindak dan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Berikut ini beberapa penyebab rambut kutuan yang perlu Anda ketahui:

Penyebab Rambut Kutuan

1. Kebersihan rumah

Kebersihan menjadi faktor penting dalam hal rambut kutuan. Rumah yang tidak bersih, khususnya pada kamar Anda, akan mebuat kutu bersarang di rambut Anda. Hal ini diawali dari sarung bantal, sarung guling, bahkan sprei yang setiap hari Anda gunakan untuk tidur. Kotoran, kuman, dan kutu dari barang tersebut bisa berpindah ke rambut Anda dan menyebabkan rambut kutuan.

Penyebab Rambut Kutuan

2. Kebersihan rambut

Selain berbagai peralatan yang ada dirumah, kebersihan rambut Anda juga perlu diperhatikan. Pasalnya, rambut yang kurang bersih dan higienis sangat disukai oleh serangga seperti kutu. Apalagi jika Anda mengabaikan keramas, sangatlah mudah bagi kutu untuk tetap tinggal di rambut Anda. Untuk itu, mulailah memperhatikan kebersihan rambut dan rutin keramas dua hari sekali. Tentu gunakan shampo yang sesuai dengan kondisi rambut Anda juga.

3. Kesalahan memilih shampo

Memilih shampo yang tepat untuk rambut memanglah tidak mudah. Namun hal ini bisa dilakukan. Coba Anda perhatkan kondisi dan masalah rambut Anda, kemudian cari produk shampo yang memang Anda butuhkan untuk merawat rambut Anda. Jangan asal pilih shampo, karena bahan dan zat kimia yang ada pada shampo bereda-beda. Jika Anda salah memilihnya, bisa-bisa kutu rambut muncul di kepala Anda.

Penyebab Rambut Kutuan

4. Tertular orang yang memiliki kutu rambut

Salah satu penyebab rambut kutuan yang paling cepat adalah tertular dengan orang yang memilki kutu rambut. Hal ini biasa terjadi pada anak-anak. Saat ada salah satu teman yang kutuan, maka secara tidak langsung teman-teman lainnya juga akan tertular.  Akibatnya, satu kutu dari teman akan cepat bekembangbiak dan tumbuh di rambut anak lainnya. Untuk itu, selalu waspada dengan kondisi rambut teman anak Anda.

5. Menggunakan peralatan untuk kepala bersama-sama

Penggunaan alat untuk kebersihan kepala juga bisa mepengaruhi adanya kutu rambut. Menggunakan alat yang sama, seperti sisir, handuk, topi, helm, jilbab, dan barang yang berhubungan dengan kepala lainnya akan membuat Anda mudah memiliki kutu rambut. Selain tertular secara langsung, penggunaan barang-barang tersebut akan menyisakan bekas rambut orang yang memiliki kutu. Selain itu, penggunaan barang-barang itu juga bisa meningalkan kutu rambut yang tak terlihat secara kasat mata.

Penyebab Rambut Kutuan

Nah, itulah tadi 5 penyebab rambut kutuan yang perlu Anda ketahui sejak dini. Sayangilah rambut Anda. Jangan biarkan kutu rambut hidup di kepala Anda. Segera atasi dan jangan sampai terserang lagi. Semoga artikel mengenai penyebab rambut kutuan ini bemanfaat untuk Anda. Terima kasih telah menyimaknya.

0 Response to "Penyebab Rambut Kutuan"

Posting Komentar