Cara Perawatan Rambut Balita

Cara Perawatan Rambut Balita - Rambut pada balita sangatlah berbeda dengan rambut orang dewasa. Pada balita, pertumbuhan rambut masih terus berjalan dan tumbuh lebih cepat. Rambut balita pun masih tipis dan halus. Selain itu, rambut balita juga masih alami dan belum tersentuh banyak zat-zat kimia seperti yang ada pada rambut orang dewasa.

Cara Perawatan Rambut Balita


Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam merawat rambut buah hati Anda yang masih balita. Tentu, perhatikan pula kesehatannya ya. Berikut ini beberapa cara perawatan rambut balita yang bisa Anda lakukan terhadap anak Anda:

Cara Perawatan Rambut Balita

1.    Jaga kebersihannya

Perhatikan kebersihan rambut pada balita. Hindari terkena paparan sinar matahari secara langsung dan hindari pula dari debu serta polusi udara. Gunakan topi atau penutup kepala saat Anda mengajak anak Anda keluar rumah.

2.    Keramas secara teratur

Biasakan mencuci rambut anak Anda seminggu 3 kali. Hal ini dimaksudkan agar rambut anak Anda tetap sehat, lembut, terawat, dan juga bisa tumbuh lebih cepat serta bersih. Gunakan handuk yang halus untuk mengeringkan rambutnya.

Cara Perawatan Rambut Balita

3.    Pilih shampo khusus balita

Gunakan shampo yang khusus untuk balita ya. Jangan berikan shampo dewasa karena memang bahannya berbeda. Kulit kepala dan rambut balita lebih sensitif jika dibandingkan orang dewasa. Bahan-bahan yang ada pada shampo anak-anak juga lebih alami dan bebas dari bahan kimia.

4.    Gunakan beberapa bahan alami

Gunakan bahan alami seperti susu, lidah buaya, madu, telur, minyak zaitun, minyak kelapa, dan berbagai bahan alami lainnya yang dapat menjaga dan merawat kesehatan rambut balita. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan bahan tersebut ke seluruh rambut dan bagian kepala. Tunggu hingga beberapa menit kemudian bilas dengan air bersih. Bahan-bahan ini juga dapat menjaga kelembapan rambut balita serta membuatnya terawat secara alami.

Cara Perawatan Rambut Balita

5.    Berikan makanan bergizi

Berikan anak Anda makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi. Balita masih memerlukan banyak nutrisi untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya. Termasuk pertumbuhan rambut. Hal ini juga dapat menjaga kesehatan kulit kepala serta rambut pada balita. Berikan buah dan sayur yang disenangi anak Anda. Contohnya seperti buah apel, strawberry, jeruk, bayam, brokoli, dan beberapa makanan lainnya. Jangan lupa, berikan susu dan air putih yang cukup untuk buah hati Anda.

6.    Gunakan sisir khusus

Pada balita, sisir yang digunakan untuk menyisir pun berbeda dengan orang dewasa. Sisir ini lebih renggang dan tidak tajam pada ujungnya. Hal ini bertujuan agar tidak menyakiti kulit kepala balita Anda. Sisirlah rambut buah hati Anda secara rutin setiap hari agar lebih rapi dan rambut pun sehat alami.

Cara Perawatan Rambut Balita

7.    Potong rambut secara berkala

Potonglah rambut buah hati Anda selama satu atau dua bulan secara rutin. Hal ini dimaksudkan agar rambut balita tidak bercabang dan bisa tumbuh lebih panjang dan sehat lagi. Jika anak Anda perempuan dan menginginkan rambut panjang, potong saja beberapa senti pada ujung rambut untuk merapikan dan membuang rambut yang mungkin tipis atau bercabang.

Cara Perawatan Rambut Balita

Memang, pertumbuhan rambut pada balita masih belum sempurna. Namun, Anda juga harus memperhatikan perawatannya. Jangan biarkan rambutnya kusam, dan tidak tumbuh dengan baik. Perhatikan pula kelembaban dan kesehatan rambutnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang memiliki buah hati yang masih balita. Terima kasih telah menyimak artikel ini hingga tuntas.

0 Response to "Cara Perawatan Rambut Balita"

Posting Komentar