Cara Perawatan Rambut Secara Alami

Cara Perawatan Rambut Secara Alami - Kondisi rambut yang sehat dan terawat menjadi perhatian penting bagi kebanyakan wanita di Indonesia. Memiliki rambut yang menawan dan indah menjadi perhatian khusus pada penampilan wanita tak heran jika semua wanita memilih berbagai cara untuk mendapatkan rambut yang mereka inginkan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara alami maupun perawatan khusus yang dapat menghabiskan banyak biaya.

Cara Perawatan Rambut Secara Alami


Cara-cara alami banyak dipilih sebagian wanita karena memang lebih hemat dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Cara perawatan rambut secara alami yaitu sebagai berikut:

Cara Perawatan Rambut Secara Alami

1.    Keramas secara teratur

Mencuci rambut atau biasa disebut keramas sangatlah penting untuk menjaga kesehatan rambut. Cucilah rambut Anda dua hari sekali. Jangan setiap hari karena akan membuat rambut Anda lepek. Jangan pula lebih dari 3 hari karena bisa membuat rambut Anda kotor dan berketombe. Gunakan pula kondisionr setelah keramas menggunakan shampo.

2.    Gunakan produk perawatan rambut yang tepat

Anda tak bisa asal dalam menggunakan berbagai produk perawatan rambut. Sesuaikalah dengan kondisi rambut Anda. Misalnya, rambut Anda berketombe dan kering, maka gunakanlah shampo dan kondisioner yang dapat mengatasi masalah Anda. Pastikan juga produk-produk perawatan rambut tersebut tidak mengandung alkohol. Gunakanlah berbagai produk perawatan rambut yang sudah terbukti khasiatnya dan tidak merusak rambut Anda.

Cara Perawatan Rambut Secara Alami

3.    Gunakan beberapa bahan alami

Ada banyak bahan alami seperti susu, lidah buaya, madu, telur, minyak zaitun, minyak kelapa, dan berbagai bahan alami lainnya yang dapat menjaga dan merawat kesehatan rambut Anda. Cukup dengan mengoleskan bahan tersebut ke seluruh rambut dan bagian kepala. Tunggu hingga beberapa menit kemudian bilas dengan air bersih. Bahan-bahan ini juga dapat menjaga kelembapan rambut Anda serta membuatnya terawat secara alami.

4.    Jangan asal mewarnai rambut

Pewarna rambut sebenarnya banyak mengandung bahan kimia yang dapat merusak rambut dan kesehatan kulit kepala Anda. Namun, pada produk tertentu memng ada pewarna alami khusus untuk rambut. Hal ini pun bisa Anda pertimbangkan saat akan mewarnai rambut Anda. Tapi, sebisa mungkin hindari semir atau pewarna rambut agar rambut Anda sehat dan terawat.

Cara Perawatan Rambut Secara Alami

5.    Jaga pola makan Anda


Siapa bilang pola makan tidak mempengaruhi perawatan rambut? Jelas, pola makan Anda akan berdampak pula pada perawatan seluruh tubuh Anda termasuk bagian kulit kepala dan rambut. Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi akan membuat rambut Anda sehat dan lembut. Makanan yang bermanfaat bagi rambut adalah makanan yang banyak mengandung vitamin E, vitamin B kompleks, serta vitamin C.

Makanan yang banyak mengandung nutrisi ini dapat mengatasi rambut rontok, bercabang,  kering, dan kusam,  bahkan dapat menghilangkan kutu rambut. Agar lebih sehat, jangan lupa perbanyak konsumsi air putih minimal 8 gelas setiap harinya agar kelembaban kulit Anda terjaga.

Cara Perawatan Rambut Secara Alami

6.    Perhatikan kebersihan dan kerapian rambut

Kebersihan kulit kepala dan rambut perlu Anda jaga. Anda bisa menyisir rambut Anda setiap hari dan merapikannya. Bila perlu potonglah ujung-ujung rambut yang memang bercabang agar lebih rapi dan indah dipandang. Pastikan Anda menyisir rambut secara lembut dan perlahan agar rambu tetap kuat dan tidak rontok.

Cara Perawatan Rambut Secara Alami

Nah, itulah keenam cara perawatan rambut secara alami yang bisa Anda terapkan sekarang juga. Rawatlah rambut Anda karena rambut sangat penting karena rambut bagaikan mahkota bagi setiap orang. Semoga artikel mengenai cara perawatan rambut secara alami ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.


0 Response to "Cara Perawatan Rambut Secara Alami"

Posting Komentar