Cara Perawatan Rambut Pria

Cara Perawatan Rambut Pria - Tak hanya wanita, pria pun perlu melakukan perawatan pada rambut mereka. Apalagi rambut seorang pria sangatlah berbeda dengan seorang wanita. Kulit kepala pria lebih mudah berminyak dan berketobe jika dibandingkan dengan wanita. Selain itu, rambut pria juga mudah rusak dan kering karena aktivitas yang padat di luar rumah. Tak heran jika kebanyaan pria akan memakai topi saat beraktivitas di luar rumah.


Layaknya wanita, pria juga harus merawat rambut secara teratur dan rutin. Berikut ini beberapa cara perawatan rambut pria yang perlu Anda ketahui saat ini:

Cara Perawatan Rambut Pria 

1.    Kenali jenis rambut Anda


Banyak pria yang cuek dan tak mengenal jenis rambu mereka. Hal ini sangatlah disayangkan. Karena mengenali jenis rambut secara pribadi sangat dibutuhkan untuk mengetahui kondisi rambut dan cara perawatanya. Bagaimanakah jenis rambut Anda? kusam, berminyak, berketombe atau kasar? Kenali masalah yang ada pada rambut Anda.

2.    Gunakan shampo yang tepat

Penggunaan shampo yang tidak tepat dapat membuat kepala Anda terasa gatal dan bermasalah. Untuk itu, pilihlah jenis shampo yang memang sesuai dengan kondisi rambut Anda. Jika perlu, gunakan juga kondisioner untuk melembutkan rambut Anda.

3.    Bersihkan rambut setiap hari 


Memang, keramas dianjurkan setidaknya dua hari sekali. Namun, Anda juga harus memperhatikan kebersihan rambut Anda setiap hari. Caranya dengan menyisirnya setiap hari. Pastikan rambut Anda bebas dari ketombe dan debu yang berlebihan. Menyisir rambut juga akan membuat penampilan Anda lebih bersih dan rapi.

4.    Pakailah penutup kepala saat di luar rumah

Mengunaka penutup kepala atau topi sangatlah dianjurkan saat Anda berakivitas di luar rumah. Rambut yang terpapar sinar matahari secara langsung akan membuat rambut Anda kusam dan kering. Hal ini dapat merusak rambut secara tidak langsung.

5.    Gunakan bahan alami untuk perawatan rambut

Anda bisa menggunakan berbagai bahan-bahan alami seperti lidah buaya, minyak kelapa, minyak zaiun, minyak kemiri, yogurt, susu, madu, dan berbagai bahan lainnya untuk merawat rambut Anda. Tentu, Anda bisa menggunakannya di rumah. Penggunaan bahan-bahan alami ini pun mampu membuat rambut Anda tetap terjaga kelembabannya serta merawatnya hingga ke akar rambut.

6.    Hindari pewarnaan rambut secara berlebihan

Penggunaan pewarna rambut secara terus menerus akan membuat rambut Anda semakin rusak dan kering. Bahan-bahan kimia yang biasa ada pada pewarna rambut sangatlah tidak baik bagi kesehatan rambut Anda. Hal ini pulalah yang akan menjadikan rambut Anda semakin mudah rontok karena rapuh. Untuk itu batasi penggunaannya sekarang juga.

7.    Gunakan pomade secukupnya

Pomade memanglah menjadi salah satu barang penting dalam menjaga penampilan serang pria. Terutama bagi tatanan rambut. Pomade seringkali digunakan saat acara –acara tertentu ataupun aktivitas di luar rumah. Nah, penggunaan ini perlu diperhatikan. Jangan menggunakannya setiap saat. Karena jika terus-menerus akan membuat rambut rusak dan kering. Gunakan secukupnya saja saat beraktivitas tertentu.

8.    Potong rambut secara teratur 

Akivitas memotong rambut ini seringkali dilakukan banyak pria. Hal ini karena memang mayoritas pria memiliki rambut pendek. Dan jika sudah sedikit panjang, maka akan di potong dengan gaya rambut yang berbeda-beda setiap kali potong rambut. Potonglah rambut Anda selama sebulan atau dua bulan sekali agar terlihat lebih fresh dan rapi.

Nah,itulah tadi kedelapan cara perawatan rambut pria yang harus diketahui para pria. Menjaga kesehatan rambut adalah tanggung jawab semua orang termasuk pria. Untuk itu, mulailah memperhatikan rambut Anda sekarang juga. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

0 Response to "Cara Perawatan Rambut Pria"

Posting Komentar