Cara Perawatan Rambut Bercabang

Cara Perawatan Rambut Bercabang - Memiliki rambut bercabang sangatlah dihindari setiap wanita. Masalah rambut bercabang ini pun menjadi masalah besar karena membuat rambut terlihat tidak rapi dan kurang sehat.

Cara Perawatan Rambut Bercabang


Ada banyak hal yang menyebabkan rambut bercabang. Diantaranya karena paparan sinar matahari, debu, polusi udara, smoothing, rebonding, hair extension, hair dryer, alat catok, cat rambut, perlakuan kasar pada rambut, kekurangan nutrisi, usia rambut, terlalu sering keramas, dan pemakaian produk perawatan rambut yang salah.

Cara Perawatan Rambut Bercabang 

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menyimak beberapa cara perawatan rambut bercabang berikut ini:

1.    Kenali penyebabnya

Seperti yang telah disebutkan di atas, kenali apa yang menyebabkan rambut Anda menjadi bercabang. Dengan begitu, Anda bisa mengatasi masalah ini lebih cepat dan dengan penanganan yang tepat pula.

2.    Lakukan perawatan alami untuk rambut bercabang

Prawatan ni bisa menggunaan bahan-bahan alami sebagaimana berikut ini:

Cara Perawatan Rambut Bercabang

a.    Telur

Telur dapat dimanfaatkan untuk merawat rambut yang bercabang, kering dan kusam. Ada tiga cara merawat rambut bercabang dengan telur, yaitu:

1)    Campur telur dengan minyak zaitun atau minyak almond dan madu. Kemudian oleskan ke rambut beserta akarnya selama sekitar 30-45 menit. Kemudian bilas dengan cara di keramas menggunakan shampo.
2)    Campur telur yang sudah dikocok dengan air dan gunakan di kepala, biarkan sekitar setengah jam, kemudian keramas dengan sampo.
3)    Campur dua telur, pisang dan jus jeruk untuk dibuat menjadi masker rambut. Biarkan selama setengah jam lalu keramas seperti biasa.

Cara Perawatan Rambut Bercabang

b.    Madu

Madu bermanfaat untuk rambut adalah bahan yang sangat baik untuk merawat ujung rambut yang bercabang. Campur dua sendok makan madu dan dua sendok makan yoghurt. Lalu tambahkan perasan air jeruk lemon, aduk hingga bertekstur seperti pasta. Jika terlalu kental, bisa ditambahkan air sedikit. Pakai di rambut selama 15 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih.

c.    Minyak Zaitun

Selain sebagai pelembab untuk kulit kering dan kusam, minyak zaitun juga bisa digunakan untuk memberi efek relaksasi pada rambut yang rusak. Hangatkan sedikit minyak zaitun dan gunakan di kulit kepala setelah agak dingin. Bisa didiamkan semalaman atau dikeramas setelah memakainya selama satu jam. Gunakan juga manfaat minyak zaitun untuk rambut anak agar pertumbuhannya bagus.

Cara Perawatan Rambut Bercabang

d.    Minyak Kelapa

Gunakan jenis Extra Virgin coconut Oil untuk rambut yang bercabang. Manfaat VCO untuk rambut anak juga sangat baik untuk pertumbuhannya. Balurkan minyak kelapa dan pijat perlahan ke kulit kepala secukupnya sebelum mandi, bungkus rambut demgam shower cap atau handuk hangat selama mandi. Setelah selesai mandi, kemudian keramas seperti biasa.

Cara Perawatan Rambut Bercabang

3.    Cegah dengan cara-cara berikut ini:

•    Hindari menyisir rambut yang basah setelah keramas
•    Gunting ujung rambut yangbercabang
•    Gunakanlah vitamin rambut dan kondisioner sehabis keramas
•    Gunaka air dingin saat keramas
•    Perbanyak minum air putih untuk menjaga kelembaban kulit kepala.
•    Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein. Misalnya, keju, daging susu, kacang, ikan, dan soya.
•    Pebanyak konsumsi buah dan sayur. Misalnya jeruk, apel, alpukat, strawberry, bayam, brokoli, kangkung, dan berbagai sayur dan buah lainnya.
•    Gunakan serum rambut pada ujung rambut sekali seminggu. Hal ini bertujuan untuk mengatasi bagian yang bercabang.

Cara Perawatan Rambut Bercabang

Nah itulah tadi beberapa cara perawatan rambut bercabang yang bisa Anda terapkan di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Terima kasih telah menyimaknya.

0 Response to "Cara Perawatan Rambut Bercabang"

Posting Komentar