Cara Perawatan Rambut Berminyak

Cara Perawatan Rambut Berminyak - Masalah rambut berminyak menjadi masalah yang serius bagi sebagian wanita di Indonesia. Masalah rambut berminyak ini tak hanya membuat rambut terasa lepek dan mengkilap, rambut ini pun akan terlihat lebih kusam. Alhasil, banyak yang merasa tidak nyaman dan kurang percaya diri dalam keadaan seperti ini.

Cara Perawatan Rambut Berminyak


Pada dasarnya, kulit kepala mengandung minyak alami (sebum) yang diproduksi oleh kelenjar minyak, yaitu sebaceous glands. Tak jarang kelenjar ini bekerja terlalu keras sehingga menghasilkan minyak lebih banyak. Hal inilah yang bisa membuat kulit berminyak. Jika Anda mengalami masalah ini, Anda bisa menyimak beberapa cara perawatan rambut berminyak berikut ini:

Cara Perawatan Rambut Berminyak

1.    Temukan penyebab rambut berminyak

Penyebab rambut berminyak ada beberapa hal. Diantaranya karena hormon, produksi minyak yang berlebih, polusi udara, penggunaan shampo yang salah, dan beberapa hal lainnya. Penyebab rambut berminyak ini berbeda-beda pada setiap wanita. Semua tergantung dengan kondisi rambut mereka.

2.    Mencuci rambut secara teratur

Rambut yang bersih dan terawat sangatlah diidamkan semua wanita. Untuk itu, perlu dirawat dengan mencuci rambut atau keramas secara teratur dua hari sekali. Jangan mencuci rambut setiap hari karena akan merusak kutikula dan menambah produksi minyak. Gunakanlah air dingin agar kulit kepala terasa dingin dan terhindar dari rambut berminyak.

Cara Perawatan Rambut Berminyak

3.    Gunakan shampo dan kondisioner yang tepat

Pemilihan shampo dan kondisioner yang tepat akan mengurangi kadar minyak yang berlebih pada rambut Anda. Shampo yang berbahan khusus dapat mencegah dari kulit berminyak. Anda bisa menggunakan shampo yang berbahan alami dan terhindar dari alkohol. Gunakan pula kondisioner setelah keramas menggunakan shampo.

4.    Pakailah penutup kepala saat beraktivitas di luar rumah

Paparan sinar matahari secara langsung dapat mempengaruhi produksi minyak yang berlebih pada rambut Anda. Untuk itu, gunakanlah topi atau penutup kepala lainnya saat Anda berada di luar rumah. Terkadang, padatnya aktivitas di lapangan membuat Anda sering terpapar sinar matahari dan rambut pun menjadi berminyak.

Cara Perawatan Rambut Berminyak

5.    Gunakan bahan-bahan alami

Ada banyak bahan alami yang ada di sekitar Anda yang dapat dimanfaatkan untuk perawatan rambut berminyak. Seperti susu, madu, alpukat, dan lidah buaya serta bahan-bahan lainnya. Bahan-bahan alami tersebut dapat membantu Anda mengatasi masalah rambut berminyak. Gunakan bahan tersebut sebagai masker rambut secara rutin seminggu sekali.

6.    Konsumsi makanan sehat

Buah dan sayur banyak mengandung nutrisi yang tinggi dan dibutuhkan oleh tubuh dan kulit Anda. Termasuk juga rambut Anda. Apalagi rambut berminyak juga bisa disebabkan karena makanan yang Anda konsumsi banyak mengandung minyak. Seperti gorengan, santan, maupun makanan ringan lainnya. Untuk itu, mulailah mengubah pola makan Anda. Perbanyak makan buah dan sayur sekarang juga.

Cara Perawatan Rambut Berminyak

7.    Bersihkan rambut dari debu dan polusi

Debu dan polusi udara bisa datang kapan saja. Apalagi jika Anda sering beraktivitas di luar rumah. Maka kebersihan rambut dan kulit kepala harus lebih diperhatikan. Polusi udara dan debu bisa menyebabkan rambut Anda berminyak dan terlihat kusam. Bersihkan dan sisirlah rambut Anda setiap hari.

Cara Perawatan Rambut Berminyak

Bagaimana, sudah siap mengatasi masalah rambut berminyak Anda? Mulailah rawat rambut Anda saat ini juga. Jangan bisarkan rambut Anda berminyak dan membuat penampilan Anda terganggu. Atasi dengan cara alami dan cara perawatan rambut berminyak di atas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Terima kasih.


0 Response to "Cara Perawatan Rambut Berminyak"

Posting Komentar